Cuaca Hari Ini Jumat 22 Juli 2022: Waspada Hujan Guyur Jabodetabek Siang Nanti

  • 22 Juli 2022 08:49:33
  • Views: 4

Menurut Dwikorita, kawasan Indonesia sendiri mengalami peningkatan suhu dalam kisaran 1 °C dan dapat bertambah mencapai 3 °C di akhir abad ini.

Peningkatan 1 derajat Celcius saja dapat berdampak cuaca ekstrem seperti siklon tropis, hujan ekstrem, angin kencang/puting beliung, gelombang tinggi, yang dapat memicu banjir, banjir bandang, tanah longsor dan bencana hidrometeorologi lainnya. Jika tidak ditahan laju pemanasan di Indonesia dan global, bahkan dapat mencapai 3 derajat Celcius pada akhir abad 21, ucap Dwikorita.

Ini adalah masalah yang sangat serius. Kuncinya, mari kita bersama-sama melakukan penghijauan masif, menggunakan transportasi publik, mengubah energi fosil ke energi terbarukan dan melakukan langkah-langkah pelestarian lingkungan, penghijauan, penanaman mangrove, dan lain sebagainya, tambahnya.

Kuncinya yaitu kita jaga alam kita. Tidak kita rusak, kita hijaukan, penghijauan makin digalakkan, penanaman mangrove, menghutankan kembali, dan kita jaga laju kenaikan suhu udara di permukaan dan muka air laut agar menahan frekuensi kejadian bencana hidrometeorologi, kata dia.

Dwikorita juga mengingatkan setiap pemangku kepentingan agar dapat memberikan perannya dalam mengurangi emisi gas rumah kaca (karbon).

Hal ini mensyaratkan masyarakat untuk juga mulai mengurangi penggunaan energi fosil, bertransfomasi ke energi hijau, dan lebih banyak menggunakan transportasi publik.


https://www.liputan6.com/news/read/5020247/cuaca-hari-ini-jumat-22-juli-2022-waspada-hujan-guyur-jabodetabek-siang-nanti

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5020247/cuaca-hari-ini-jumat-22-juli-2022-waspada-hujan-guyur-jabodetabek-siang-nanti
Tokoh

Graph

Extracted

topics Banjir, Banjir Bandang, longsor, Puting Beliung,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Jabodetabek,