Menlu Retno Beberkan Agenda Jokowi Kunjungi China, Jepang, dan Korea Selatan, Bahas Ekonomi hingga Kawasan

  • 22 Juli 2022 08:36:33
  • Views: 7

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan kunjungan ke tiga negara di Asia Timur pada 26 sampai 28 Juli 2022.

Tiga negara yang akan dikunjungi Jokowi meliputi China pada 26 Juli, Jepang pada 27 Juli, dan Korea Selatan pada 28 Juli 2022.

Pembahasan yang menjadi fokus kunjungan Jokowi ini berpusat pada penguatan kerja sama ekonomi, yaitu terkait investasi dan perdagangan.

Sebagaimana kita ketahui, ketiga negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi dan tiga negara tersebut juga mitra strategis Indonesia dan ASEAN pada saat kita berbicara mengenai masalah kawasan, kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam press briefing secara daring.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 3 Kapan Cair? Cek Jadwal dan Nama Penerima Lewat Link cekbansos.kemensos.go.id

China merupakan salah satu mitra terbesar di bidang perdagangan dengan total nilai 110 miliar dolar AS (Rp1,6 triliun) pada tahun 2021 dan merupakan investor ketiga terbesar dengan total nilai investasi sekitar 3,2 miliar dolar AS (Rp48 miliar) pada tahun 2021.

Di Beijing, Jokowi akan bertemu dengan Premier Le Keqiang dan Presiden Xi Jinping.

Setelah dari Beijing, Presiden Jokowi akan melanjutkan kunjungannya ke Tokyo, Jepang. Ia akan bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida dan beberapa kalangan bisnis.

Jepang merupakan mitra tradisional Indonesia di bidang ekonomi. Perdagangan bilateral mencapai lebih dari 32 miliar dolar AS (Rp480 miliar) pada tahun 2021. Sementara itu, investasi Jepang di Indonesia mencapai 2,26 miliar dolar AS (Rp33 miliar) pada tahun yang sama.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015070944/menlu-retno-beberkan-agenda-jokowi-kunjungi-china-jepang-dan-korea-selatan-bahas-ekonomi-hingga-kawasan

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015070944/menlu-retno-beberkan-agenda-jokowi-kunjungi-china-jepang-dan-korea-selatan-bahas-ekonomi-hingga-kawasan
Tokoh









Graph