BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Pegunungan Jateng

  • 22 Juli 2022 08:05:31
  • Views: 3

CILACAP, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sebagian wilayah Jawa Tengah khususnya pegunungan tengah Jateng dan bagian Barat Jateng untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem pada tanggal 22-23 Juli 2022.

“Berdasarkan rilis yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Ahmad Yani Semarang, Kamis (21/7/2022), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah pegunungan tengah Jateng yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, dan sekitarnya pada 22 Juli 2022, kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Kamis (21/7/2022).

Sementara pada 23 Juli 2022, kata Teguh Wardoyo, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Barat Jateng yang meliputi Kabupaten Cilacap, Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan sekitarnya.

Menurut Teguh, potensi cuaca ekstrem tersebut berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. “Prakiraan potensi cuaca ekstrem ini berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia Selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah, katanya.

Selain itu, kata Teguh Wardoyo, kelembapan udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.
Terkait hal itu, Teguh mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada 22-23 Juli 2022 yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/bmkg-waspadai-potensi-cuaca-ekstrem-di-pegunungan-jateng/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/bmkg-waspadai-potensi-cuaca-ekstrem-di-pegunungan-jateng/
Tokoh





Graph