Freeport Indonesia Peroleh Pasokan Gas Kemurnian Tinggi di Proyek Smelter Gresik

  • 22 Juli 2022 00:58:41
  • Views: 5

PT Freeport Indonesia yang tergabung dalam holding pertambangan BUMN bernama Mining Industry Indonesia (MIND ID) mengumumkan telah menetapkan mengambil utang USD 3 miliar.

Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan kalau aksi korporasi yang dilakukan PT Freeport Indonesia (PTFI) setara Rp 45 triliun itu adalah aksi korporasi biasa. Apalagi jika dana yang didapatkan itu digunakan untuk membangun smelter.

Saya kira itu tidak hanya positif untuk PTFI namun juga untuk perekonomian nasional secara lebih luas, jelas Komaidi kepada wartawan, Kamis (13/5/2022).

Dia juga menegaskan kalau utang adalah mekanisme pembiayaan yang cukup biasa. Menurutnya, PTFI sudah punya perhitungan sendiri memutuskan untuk berutang.

Bisa saja tidak utang dan menjual sebagian saham, tinggal pilih yang mana, tegas dia.

Meski begitu, Komaidi yakin jika dana yang didapatkan digunakan dengan benar seperti rencana awal untuk membangun smelter maka banyak hal positif yang bisa didapatkan.

Banyak hal positif yang bisa didapatkan, seperti penyerapan tenaga kerja, investasi baru, jumlah emas dan mineral lain yang diproduksi lebih terkontrol dan tentu saja lebih rapi dalam berbagai aspek, rinci Komaidi.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5020561/freeport-indonesia-peroleh-pasokan-gas-kemurnian-tinggi-di-proyek-smelter-gresik

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5020561/freeport-indonesia-peroleh-pasokan-gas-kemurnian-tinggi-di-proyek-smelter-gresik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Komaidi Notonegoro,
companies Dana, Freeport, PT Freeport Indonesia, WhatsApp,
institutions ReForminer Institute,
topics Proyek Smelter,
products emas, smelter,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Gresik,