Melihat Dampak Kebijakan BI Tahan Suku Bunga Acuan Saat The Fed Makin Agresif

  • 21 Juli 2022 20:01:43
  • Views: 4

ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap menahan suku bunga acuan di level 3,5% dalam Rapat Dewan Gubernur BI Juli 2022.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Meski, bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) agresif dalam menaikkan suku bunga kebijakannya, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk tetap menahan suku bunga acuan di level 3,5% dalam Rapat Dewan Gubernur BI Juli 2022. 

Gubernur BI, Perry Warjiyo, tak menampik, langkahnya ini membawa dampak pada Indonesia, terutama dalam hal pergerakan nilai tukar rupiah. Ini, salah satunya, disebabkan oleh adanya perbedaan imbal hasil (yield) obligasi AS US Treasury (UST) dan surat berharga negara (SBN).

“Jadi, memang pengaruhnya lewat kenaikan yield US Treasury dan perbandingannya dengan yield SBN rupiah. Di sini ada perbedaan yield, yang kemudian kami lakukan sebagai dasar melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah, tutur Perry dalam konferensi pers daring, Kamis (21/7). 

Bila menilik data terkini, memang nilai tukar rupiah terpantau melemah sebesar 4,90% year to date (ytd). Namun, bila dibandingkan dengan negara setara seperti Malaysia, India, dan Thailand, depresiasi nilai tukar rupiah ini cenderung lebih landai. 

Baca Juga: Bank Indonesia Menahan Suku Bunga Acuan di Level 3,5%

Perry pun meyakini pergerakan nilai tukar rupiah secara fundamental masih terjaga, didorong oleh kondisi neraca transaksi berjalan yang baik. Bahkan, ia melihat ada potensi surplus neraca transaksi berjalan pada tahun ini sebesar 0,3% produk domestik bruto (PDB). Atau, kalaupun defisit, defisitnya kecil di level 0,5% PDB. 

Selain itu, Perry menenangkan, karena dirinya telah menyiapkan kuda-kuda untuk menjaga stabilisasi nilai tukar dengan melihat perkembangan terkini. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan intervensi baik tunai, di pasar spot, maupun lewat pasar DNDF. 

Langkah intervensi yang dilakukan oleh BI juga diperkuat dengan strategi operasi moneter, yaitu menaikkan suku bunga pasar uang untuk tenor-tenor di atas satu minggu, serta memperkecil likuiditas tenor jangka panjang.

Baca Juga: Bos BI Ungkap Alasan Masih Tahan Suku Bunga Acuan di Level 3,5%

Bahkan, BI juga telah melakukan penjualan SBN di pasar sekunder sebagai bagian dari pengelolaan operasi moneter dan mendorong imbal hasil SBN di pasar sekunder bergerak naik. 

“BI akan terus berada di pasar, melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah yang diperkuat dengan penguatan operasi moneter, dan juga penjualan SBN di pasar sekunder. Ini yang kami lakukan, tandas Perry. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Bidara Pink
Editor: Noverius Laoli


https://nasional.kontan.co.id/news/melihat-dampak-kebijakan-bi-tahan-suku-bunga-acuan-saat-the-fed-makin-agresif

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/melihat-dampak-kebijakan-bi-tahan-suku-bunga-acuan-saat-the-fed-makin-agresif
Tokoh





Graph

Extracted

persons Perry Warjiyo, Pink,
companies ADA, Google,
ministries BI,
topics BOS, Produk Domestik Bruto,
products SBN,
nations Amerika Serikat, India, Indonesia, Malaysia, Thailand,
places rupiah,