Mantan Gubernur Riau Hidup Udara Bebas Usai Dihukum 10 Tahun Terkait Korupsi PON

  • 21 Juli 2022 16:43:40
  • Views: 7

PEKANBARU - Mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal menghirup udara segar. Mantan Gubernur Riau dua periode ini terjerat kasus korupsi dan selama ini mendekam di Lapas Kelas II A Pekanbaru.

Rusli Zainal bebas hari ini, 21 Juli 2022 keluar dari Lapas Kelas II Pekanbaru setelah menjalani hukuman dalam dua kasus korupsi sekaligus. Dimana kasus menjeratnya pertama adalah terkait suap PON (Pekan Olahraga Nasional), Riau. Selain itu pria yang akrab disapa RZ ini juga terjerat kasus korupsi izin kehutanan. Sehingga politisi Golkar ini dibui selama 10 tahun.

Beliau sudah bebas dan pulang pagi tadi, kata Humas Kementerian Huum dan HAM Riau Koko Syawaludin Sitorus Kamis (21/7/2022) kepada MPI.

Dia menjelaskan, bahwa Rusli Zainal sudah mengurus segala persyaratan administrasi untuk kebebasannya. Setelah semua selesai, maka suami Septina Primawati, anggota DPRD Riau kembali ke rumahnya.

Sebelum meninggalkan sel tahanan, Rusli yang mengenakan kemaja putih berpamitan kepada petugas Lapas. Kemudian mobil Lanc Cuiser membawa mantan Bupati Indragiri Hilir ini meninggalkan Lapas Kelas II A Pekanbaru di Jalan Kapling itu.

Dia menjelaskan bahwa Rusli Zainal selama ini mendekam di sel Tindak pidana korupsi bersama tahanan lain.Dia selama ini di blok Tipikor. Dia bebas bersyararat, ucapnya.

Pengadilan Negeri Pekanbaru pada 12 Maret 2014 menjatuhkan vonis 14 tahun penjara terhadap Rusli Zainal. Namun kasus terus bergulir ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Mahkamah Agung dan terakhir Rusli mengajukan PK (Peninjauan Kembali). Perjuangan membuahkan hasil dan akhirnya mendapat 'potongan' 4 tahun penjara menjadi 10 tahun.


https://news.okezone.com/read/2022/07/21/340/2633798/mantan-gubernur-riau-hidup-udara-bebas-usai-dihukum-10-tahun-terkait-korupsi-pon?page=1

Sumber: https://news.okezone.com/read/2022/07/21/340/2633798/mantan-gubernur-riau-hidup-udara-bebas-usai-dihukum-10-tahun-terkait-korupsi-pon?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

ministries DPRD, DPRD Riau, MA,
parties Golkar,
places RIAU, SULAWESI UTARA,
cities Indragiri Hilir, Pekanbaru,
cases HAM, korupsi, Tipikor,
musicclubs IZ*ONE,