Kontribusi PMA di Indonesia Capai 54 Persen, RI Masih Jadi Negara Tujuan Investasi

  • 21 Juli 2022 10:35:58
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Sepanjang triwulan II tahun 2022, kontribusi penanaman modal asing (PMA) di Indonesia mencapai Rp 163,2 triliun atau 54 persen dari total investasi.

Sementara itu, porsi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 139 triliun atau 46 persen dari total investasi.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, masih mendominasinya investasi asing sepanjang periode tersebut sebagai bentuk kepercayaan investor terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Di tengah situasi global yang tak menentu, Indonesia masih dipercaya sebagai negara tujuan investasi, katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu 20 Juli 2022.

Baca Juga: Urutan Pangkat Polisi di Indonesia, Brigadir dan Bharada Lebih Tinggi Mana?

Menurut Bahlil, alasan Indonesia tetap masih menjadi pilihan investasi karena alasan salah satunya kepemimpinan Jokowi.

Alasan yang pertama memang mereka percaya pada kepemimpinan Presiden Jokowi, ujarnya.

Alasan lainnya, stabilitas politik di Indonesia. Ketiga, ketahanan kondisi ekonomi, dan yang keempat soal perizinan investasi di tanah air yang kian mudah.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memublikasikan data realisasi investasi sepanjang periode April-Juni (triwulan II) tahun 2022 yang mencapai Rp 302,2 triliun atau meningkat sebesar 7 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-015062578/kontribusi-pma-di-indonesia-capai-54-persen-ri-masih-jadi-negara-tujuan-investasi

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-015062578/kontribusi-pma-di-indonesia-capai-54-persen-ri-masih-jadi-negara-tujuan-investasi
Tokoh





Graph