Kominfo: Seluruh Elemen Masyarakat Perlu Dibekali Literasi Digital

  • 21 Juli 2022 08:59:07
  • Views: 7

M Sahlan | Kamis, 21/07/2022 06:50 WIB

Teknologi

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam webinar ngobrol bareng legislator

Jakarta, Jurnas.com - Dirjen Aptika Kemenkominfo, Semuel A Pangerapan mengatakan kehadiran pandemi Covid-19 di tengah pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan di masyarakat inilah yang mempertegas bahwa kita sedang menghadapi era disrupsi teknologi, ujar Semuel dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Generasi Muda Pelopor Masyarakat Digital Indonesia, yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) itu diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Ketua DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker, dan CEO and Co-Founder Byru.id, Nathaniel Nugroho Liman sebagai narasumber.

Semuel menjelaskan, dibutuhkan kerja sama masyarakat dalam mewujudkan agenda transformasi digital di Indonesia.

Salah satu pilar penting terwujudnya agenda transformasi digital adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital menjadi salah satu peranan penting di dalamnya.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya.

Sementara itu dalam keymote speakernya, Ketua Komisi 1 DPR, Meutya Hafid mengatakan disrupsi teknologi merupakan keniscayaan dimana saat ini telah terjadi inovasi dan perubahan secara besar-besaran secara fundemental yang mengubah semua sistem dan tatanan yang ada ke cara-cara baru.

Dalam kaitan dibutuhkan peran para generasi muda dan milenial yang dianggap sebagai pelopor masyarakat digital, ujarnya

Menurut Meutya Hafid, di era revolusi industri 4.0, anak muda harus memanfaatkan enabler technology yang inovatif dan menciptakan nilai tambah drone, artificial intelegence, big data analysis, cloud dan teknologi lainnya.

Anak muda sebagai pemilik zaman harus menguasai berbagai pengetahuan baru yang berhubungan dengan internet, data dan algoritma, yang menjadi penentu umat manusia di masa mendatang, ujarnya.

Di tempat yang sama, CEO dan Founder Byru.id, Nathaniel Nugroho Liman mengatakan solusi teknologi online saat ini sebagian besar baru menyasar pekerja intelektual atau knowledge worker.

Sebaliknya, para pekerja informal belum banyak memiliki pilihan solusi berbasis teknologi, jelasnya.

Ia menilai bahwa diperlukan adanya solusi untuk memberikan perbaikan hidup untuk kaum golongan pekerja informal. Byru.id adalah platform khusus yang hadir untuk meningkatkan standar hidup pekerja informal di Indonesia dengan teknologi digital.

TAGS : Kominfo literasi digital disrupsi teknologi Meutya Hafid Ketua Komisi I DPR

https://www.jurnas.com/artikel/120862/Kominfo-Seluruh-Elemen-Masyarakat-Perlu-Dibekali-Literasi-Digital/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/120862/Kominfo-Seluruh-Elemen-Masyarakat-Perlu-Dibekali-Literasi-Digital/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Meutya Hafid,
companies ADA, Zoom,
ministries DPR RI, Kemenkominfo, Komisi I DPR,
topics transformasi digital,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, Sumatera Utara,
cities Jabodetabek,
cases covid-19,