Kenaikan Tarif Batal, Dewan Pertanyakan Alasan

  • 21 Juli 2022 01:06:14
  • Views: 9

BANTUL, KRJOGJA.com ‎- Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 32 miliar dari sektor pariwisata tahun 2022 rasanya sangat sulit terealisasi. Salah satu penyebabnya ialah batalnya kenaikan tiket masuk retribusi di pantai selatan Bantul dari Rp 10 ribu jadi Rp 15 ribu/orang. Sementara DPRD Bantul justru heran atas pembatalan tersebut.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, R Jati Bayu Broto mengatakan hingga kini pihaknya belum menaikan tiket masuk objek wisata Pantai Selatan Bantul. Karena merujuk serangkaian koordinasi dengan berbagai pihak, rencana kebijakan itu masih terus dikaji.

Jati tidak menampik wacana kanaikan biaya masuk objek wisata di pantai terus mengemuka. Namun sejauh ini belum ada keputusan tentu dengan beragam pertimbangkan.

“Memang benar ketika kenaikkan retribusi direalisasikan menjadi salah satu kekuatan untuk mencapai target PAD Rp 32 miliar ditahun 2022 ini, jelasnya di Bantul.

Kendati demikian Dinas Pariwisata Bantul terus berusaha agar target PAD yang dipatok Rp 32 miliar bisa tercapai. Salah satunya dengan menggenjot kunjungan wisatawan, termasuk menggandeng pelaku wisata, biro-biro perjalanan di DIY.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis SE justru mempertanyakan alasan Dinas Pariwisata Bantul menunda kenaikan tarif masuk objek wisata di pantai selatan Bantul. Padahal sebelumnya sudah disepakati dan tinggal menunggu Perbup.

“Sebenarnya tahapannya tinggal menunggu bupati menyusun Perbub. Misalnya belum membuat dinas yang mengejar, ujarnya.

Komisi B sejauh ini juga belum diajak komunikasi oleh Dinas Pariwisata terkait pembatalan kenaikan tarif itu. Sehingga pihaknya belum tahu alasan pembatalan tersebut. (Roy)


https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/bantul/kenaikan-tarif-batal-dewan-pertanyakan-alasan/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/bantul/kenaikan-tarif-batal-dewan-pertanyakan-alasan/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries DPRD,
places DI YOGYAKARTA,
cities Bantul, Jati,