Strategi Bupati Musi Rawas Utara Majukan UMKM di Masa Pandemi Covid-19

  • 20 Juli 2022 22:49:19
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Musi Rawas Utara Sumatera Selatan, Devi Suhartoni menyadari pentingnya keberadaan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) untuk ketahanan ekonomi nasional.

Menurut dia, beberapa daerah berhasil bertahan di masa krisis karena UMKM yang tumbuh positif.

Jadi kalau kita lihat Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, ketika ada krisis biasanya dia tidak terlalu dalam karena penduduknya banyak, UMKM-nya tumbuh, kata Devi kepada Liputan6.com usai menghadiri acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2022, yang digelar di JCC Senayan Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Dia mengatakan Kabupaten Musi Rawas Utara berada di jalan lintas Sumatera dimana banyak dilewati masyarakat dari berbagai daerah. Sehingga, Devi menyebut UMKM di daerahnya, khususnya makanan cukup tumbuh dengan pesat.

Kendati begitu, dia juga memiliki strategi khusus agar UMKM di Musi Rawas Utara terus maju di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, dengan mendorong sektor pertambangan untuk memesan baju dan makanan dari UMKM lokal.

Kami kan banyak pertambangan, kami dorong tambang itu order baju di daerah, kemudian makanan-makanan banyak di suplai dari daerah untuk kateringnya, ujarnya.

Terus makanan-makanan etniknya kami, kami sekarang kemas membuat packaging yang menarik supaya bisa tumbuh menjadi nasional makananya, sambung Devi.

Selain itu, dia juga tengah menyiapkan event besar bernama Pesta Danau Rayo yang bertujuan memajukan UMKM. Bahkan, Devi telah mengundang banyak masyarakat dari berbagai daerah untuk hadir dalam acara ini.

Insya Allah tahun ini kami akan mengadakan Pesta Danau Rayo. Jadi, nanti setiap desa itu kami undang, kami punya budaya namanya setiap desa membawa at least 20 berbagai macam masakan tumpah di 1 tempat. Kami akan mengundang banyak orang untuk datang. Saya sudah kontak temen-temen di Bali dan Lombok untuk membawa tourism untuk datang, jelas Devi.

Podcast Nusantara kali ini membahas soal Strategi Pengembangan UMKM di Masa Pandemi, bersama Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI. Selain itu, ada juga teman teman JRKI dari nusantara yang ikut berpartisipasi.


https://www.liputan6.com/news/read/5019430/strategi-bupati-musi-rawas-utara-majukan-umkm-di-masa-pandemi-covid-19

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5019430/strategi-bupati-musi-rawas-utara-majukan-umkm-di-masa-pandemi-covid-19
Tokoh



Graph

Extracted

persons Teten Masduki,
companies ADA,
organizations APKASI,
products UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, KALIMANTAN UTARA, SUMATERA SELATAN,
cities Lombok, Senayan,
cases covid-19,