Stunting Hilang, Kunci Kemajuan Bangsa

  • 20 Juli 2022 21:37:36
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Penurunan angka prevalensi stunting dapat meningkatkan generasi produktif di masa depan. Oleh karenanya, pencegahan stunting adalah kunci kemajuan bangsa.

Demikian disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Wiryanta dalam diseminasi informasi dan edukasi percepatan penurunan stunting bertajuk Kepoin Genbest: Stunting Hilang, Ciptakan Generasi Cemerlang, di Pasuruan, Selasa, 19 Juli 2022.  

Dijelaskan Wiryanta, pada tahun 2030, Indonesia akan menghadapi era bonus demografi dimana penduduk Indonesia sebagian besar akan didominasi oleh generasi Z dan generasi milenial. Artinya, pada era tersebut, jumlah angkatan kerja usia produktif di Indonesia akan berjumlah di atas 50%. 

“Golongan usia sangat produktif ini bisa meningkatkan produktivitas nasional. Kunci dari kemajuan bangsa sebetulnya letaknya ada di produktifitas, ujarnya. 

Baca Juga: Suzuki Beri Bocoran Soal Produk City Car di Indonesia, Sinyal Peluncuran S-Presso?

Untuk itu, ditambahkan Wiyanta, cita-cita bersama mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045, akan sangat mungkin tercapai apabila angka stunting rendah yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang produktif dan kompeten.

Sementara itu, Dokter Clarin Hayes, mengatakan stunting tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan anak tetapi juga perkembangannya. 

“Stunting bisa berpengaruh ke kognitif, kemampuan otak untuk berpikir. Fokusnya juga akan terganggu, pertumbuhan gigi juga terhambat, wajahnya juga akan lebih muda dari anak seusianya, kata Clarin.

Baca Juga: Anak Citayam Ditanya Apa yang Akan Dilakukan jika Sudah Tidak Viral, Jawabannya di Luar Dugaan

Ia menambahkan, stunting bisa dicegah sejak awal. Menjaga 1.000 hari pertama kehidupan menjadi upaya utama dalam menanggulangi dan mencegah stunting


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015059503/stunting-hilang-kunci-kemajuan-bangsa

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015059503/stunting-hilang-kunci-kemajuan-bangsa
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kemenkominfo,
topics Generasi Z,
products emas,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Pasuruan,
cases stunting,
brands Suzuki,