Gaikindo Konfirmasi Beragam Inovasi Kendaraan Listrik Akan Tampil di GIIAS 2022

  • 20 Juli 2022 18:10:42
  • Views: 3

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bakal dibuka pada 11-21 Agustus 2022, di BSD City, Tangerang, Banten.

GIIAS akan kembali memamerkan teknologi dan produk terbaru dari industri otomotif Indonesia, utamanya kendaraan listrik dan berbagai inovasi terbarunya.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menyampaikan komitmen GIIAS untuk memberikan informasi, edukasi dan pengalaman tentang teknologi terbaru dari industri otomotif Indonesia.

Baca juga: Siap Dibuka 11 Agustus, Pameran GIIAS 2022 Akan Bertabur Kendaraan Listrik

Pada GIIAS 2022 di Agustus nanti, GIIAS akan mengedepankan dan memperkenalkan teknologi kendaraan berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV), sebagai bentuk dukungan Gaikindo dan industri otomotif Indonesia terhadap upaya dan arahan Pemerintah RI terkait dengan transisi menuju energi yang berkelanjutan, serta pengembangan ekosistem industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), tutur Nangoi saat jumpa pers di Jakarta Selatan, Rabu (20/7/2022).

Nangoi menambahkan, Gaikindo dan industri otomotif Indonesia mendukung penuh langkah pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri KBLBB di Indonesia, dengan memastikan kehadiran GIIAS 2022 dapat memberikan edukasi dan membangun dukungan masyarakat, yang menjadi faktor pendorong penting pada aspek pengembangan ekosistem kendaraan listrik, di Indonesia.

GIIAS 2022 akan menjadi sarana yang memberikan sumbangsih pada salah satu aspek penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, yakni membangun pengetahuan masyarakat mengenai keunggulan, cara penggunaan dan efek positif dari kendaraan berbasis baterai. Tujuan akhirnya adalah terciptanya dukungan dan permintaan yang akan mempercepat terwujudnya industri kendaraan bermotor berbasis baterai di Indonesia, jelas Nangoi.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah, mengatakan untuk memperkenalkan masyarakat kepada berbagai keunggulan kendaraan listrik, GIIAS 2022 mempersiapkan sebuah area khusus yang berada di dalam ruangan, GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track.

Untuk membangun pengetahuan dan menanamkan pengertian masyarakat kepada kendaraan bermotor berbasis baterai, Gaikindo menghadirkan satu area khusus dimana para pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai atau mobil listrik, yang tidak ditemui pada kendaraan jenis lain, seperti tidak memiliki polusi udara dan suara, oleh karena itu area GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track Kami siapkan didalam ruangan, ungkap Rizwan.

Baca juga: 23 Brand Roda Empat Siap Ramaikan GIIAS 2022

Area GIIAS EV Test Track tersebut didesain sedemikian rupa untuk menonjolkan kelebihan kendaraan bermotor berbasis baterai.

Arena GIIAS EV Test Track didesain dengan trek yang akan menyoroti kemampuan kendaraan listrik, agar para pengunjung mendapatkan pengalaman langsung berkendara dengan kendaraan listrik, area tersebut juga dilengkapi dengan area charging station, untuk memberikan edukasi bagaimana proses pengisian daya masing-masing kendaraan bekerja, terang Rizwan.

Pada area tersebut, seluruh pengunjung akan mendapatkan pendampingan dari para product expert kendaraan listrik, dari masing-masing Agen Pemegang Merek (APM) yang juga akan memberikan berbagai informasi terkait kelebihan dari kendaraan listrik dan pengalaman berkendara yang benar dan sesuai dengan karakter kendaraan listrik yang Ia sebut berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya.

Akan ada lebih dari sepuluh jenis kendaraan listrik dari berbagai merek yang dapat dicoba langsung oleh para pengujung di area GIIAS EV Test Track yang terletak pada Hall 10 ICE – BSD City, Tangerang, imbuh Rizwan.

Baca juga: Gaikindo Donasikan Hasil Penjualan Tiket GIIAS Surabaya untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Pada GIIAS 2022, total 25 merek kendaraan penumpang dan komersial akan berpartisipas, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Selain kendaraan roda empat, lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022, dari industri karoseri hadir; Adiputro, Laksana, Tentrem, merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi pada GIIAS tahun ini; Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Keeway, Pacific Bike, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/20/gaikindo-konfirmasi-beragam-inovasi-kendaraan-listrik-akan-tampil-di-giias-2022

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/20/gaikindo-konfirmasi-beragam-inovasi-kendaraan-listrik-akan-tampil-di-giias-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Mitsubishi Corp, YouTube,
organizations Gaikindo,
topics Listrik,
events GIIAS 2020,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gunung, Surabaya, Tangerang,
transportations mobil listrik,
brands BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Suzuki, Toyota, Wuling,