Indonesia Electric Motor Show Siap Digelar di Jakarta pada 8-10 September Mendatang

  • 20 Juli 2022 18:11:27
  • Views: 2

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan kembali menggelar pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS 2022) pada 8-10 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Pada pameran kali ini, BRIN ingin menonjolkan teknologi untuk kendaraan otonom atau tanpa awak yang saat ini tengah dikembangkan oleh Organisasi Riset Elektronika dan Informatika.

Konsep sistem transportasi yang lebih baru ini, yakni Autonomous Vehicle (AV), nantinya dapat digunakan di bandara, kampus dan sektor publik lainnya.

Baca juga: Sederet Kendaraan Listrik Besutan Institut Teknologi PLN Tampil di IEMS 2021

Autonomus vehicle mewakili konsep Micro Electric Vehicle Teleoperated Driving System (MEVITDS) yang dikemudikan dari jarak jauh.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, mengatakan dalam beberapa tahun ke depan, kendaraan otonom atau tanpa pengemudi akan menjadi standar kendaraan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Potensi implementasi kendaraan otonom untuk satu atau dua penumpang itu dapat digunakan di area terbatas atau kawasan khusus, seperti di kebun raya, objek wisata, kawasan perumahan, industri dan perkantoran. Kendaraan otonom itu, juga dapat digunakan sebagai pengangkut untuk transportasi massal di kawasan khusus tersebut, tutur Handoko, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Tampilkan 5 Model di IEMS 2021, Gelis Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom, seperti sistem deteksi objek atau sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer vision.

Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform dan charging system.

Melalui tema IEMS 2022 Strengthening Autonomous Ecosystem, BRIN ingin mendorong berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang AV. Hal ini akan membantu menciptakan proposisi nilai baru yang terbentuk melalui kolaborasi, ungkap Handoko.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/20/indonesia-electric-motor-show-siap-digelar-di-jakarta-pada-8-10-september-mendatang

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/07/20/indonesia-electric-motor-show-siap-digelar-di-jakarta-pada-8-10-september-mendatang
Tokoh





Graph

Extracted

persons Handoko, Laksana Tri Handoko,
companies YouTube,
ministries BRIN,
bumns PLN,
topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,