Wayang Kulit Rajamala jadi Souvenir Peserta ASEAN Para Games 2022

  • 20 Juli 2022 15:19:08
  • Views: 7

MerahPutih.com - Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) memilih Wayang Kulit Rajamala menjadi souvenir atlet dan official ASEAN Para Games (APG) ke-XI.

Total ada sebanyak 2.600 Wayang Kulit Rajamala yang dibuat sebagai souvenir APG yang diadakan pada 30 Juli sampai 6 Agustus.

Untuk produksi Souvenir dibuat oleh UKM Sanggar Wayang Gogon di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres Solo, Jawa Tengah.

Pemilik Sanggar Wayang Gogon, Margono mengatakan produksi wayang kulit Rajamalan dimulai pada tanggal 16 Juli. Batas akhir pembuatan atau deadline pada 26 Juli.

Pada tanggal 26 Juli souvenir ASEAN Para Games harus sudah selesai dibuat dan dikirim. Jadi kerja lembur dengan memperkerjakan 90 orang, ujar Margono pada awak media di kediamannya, Rabu (20/7).

Dikatakannya, ini merupakan yang kedua kalinya membuat souvenir untuk event internasional. Sebelumnya membuat wayang kulit mini untuk souvenir G20 tahap pertama pada Februari 2022.

Rajamala ini juga dipilih sebagai maskot APG. Total ada sebanyak 2.600 wayang kulit mini Rajamala untuk merchandise, katanya.

Ia mengaku terkejut saat mendapatkan kepercayaan membuat souvenir ASEAN Para Games. Terlebih, waktu yang dibutuhkan dalam membuat souvenir sangat terbatas.

Awalnya ada 15 sampel wayang kulit termasuk jenis kulit dan kayu yang kita tawarkan. Sampai akhirnya dipilih wayang kulit Rajamala klasik, katanya.

Ia mengatakan untuk bahan bahan baku dari kerbau, sapi, dan domba. Untuk desain, tatah, pewarnaan sunggingan, pengemasan itu dilakukan sendiri.

Kesulitan teknis tak ada semua lancar. Kami optimistis produksi selesai tepat waktu, katanya.

Dia menambahkan untuk makna Rajamala di cerita pewayangan adalah sosok senopati handal yang tidak bisa dikalahkan. Jika terbunuh Rajamala terjun ke air atau kena air maka akan hidup lagi.

Sosok Rajamala ini juga sebagai tolak balak, pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah).


https://merahputih.com/post/read/wayang-kulit-rajamala-jadi-souvenir-peserta-asean-para-games-2022

Sumber: https://merahputih.com/post/read/wayang-kulit-rajamala-jadi-souvenir-peserta-asean-para-games-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
organizations ASEAN,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Solo,
animals Domba, Sapi,