Gempa M5,0 Guncang Gorontalo, BMKG: Akibat Aktivitas Subduksi Lempeng Sangihe

  • 20 Juli 2022 14:47:25
  • Views: 5

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa M5,0 mengguncang Teluk Tomini, Gorontalo, Sulawesi Tengah. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa yang terjadi pukul 12.31.37 WIB terletak pada koordinat 0,18° LS ; 122,82° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 27 Km arah Utara Bualemo, Sulawesi Tengah pada kedalaman 73 km.

 BACA JUGA:Gorontalo Diguncang Gempa M5.0

Bambang mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Sangihe.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik oblique (oblique thrust fault), ungkap Bambang dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (20/7/2022).

 BACA JUGA:Gempa M5,0 Guncang Gorontalo, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Banggai dan Pohuwato dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Kemudian di daerah Bolaang Mongondow dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, tegas Bambang.

Bambang menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah, imbaunya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/07/20/337/2632995/gempa-m5-0-guncang-gorontalo-bmkg-akibat-aktivitas-subduksi-lempeng-sangihe?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/07/20/337/2632995/gempa-m5-0-guncang-gorontalo-bmkg-akibat-aktivitas-subduksi-lempeng-sangihe?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bambang Setiyo Prayitno,
companies ADA,
ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places DKI Jakarta, GORONTALO, SULAWESI TENGAH,