Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu, BPBD : Belum Ada Laporan Kerusakan

  • 20 Juli 2022 12:43:25
  • Views: 6

BENGKULU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyatakan belum menerima laporan kerusakan dan korban usai gempa magnitudo 5,8 pada Rabu (20/7/2022) pukul 06.46 WIB.

Petugas BPBD Provinsi Bengkulu telah memonitor sejumlah daerah yang merasakan getaran gempa yang berlokasi di laut pada jarak 64 Km arah Barat Daya Kota Bengkulu, pada kedalaman 56 km itu.

Belum ada menerima laporan kerusakan bangunan, baik sarana perkantoran, pendidikan, kesehatan, pemukiman penduduk maupun fasilitas umum, kata Kepala Bidang Tanggap Darurat, BPBD Provinsi Bengkulu, Khristian Hermansyah, saat dikonfirmasi, Rabu (20/7/2022).

Seentara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu, Litman mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Bengkulu, memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5.

Episenter gempa bumi, kata Litman, terletak pada koordinat 4,33 derajat Lintang Selatan, 101,95 derajat Bujur Timur. Di lihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault), kata Litman.

Gempa bumi ini, kata Litman, dirasakan di Kota Bengkulu, dengan skala intensitas IV-V MMI, di Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Utara, dengan skala intensitas III-IV MMI.

Lalu, di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu; Krui, Lampung, dengan skala intensitas III MMI. Kemudian, di Muara Dua, Jambi; Lubuk Linggau, Musi Rawas, Sumatera Selatan; dengan skala intensitas II MMI.

Litman mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah, tutur Litman.


https://news.okezone.com/read/2022/07/20/340/2632907/gempa-magnitudo-5-8-guncang-bengkulu-bpbd-belum-ada-laporan-kerusakan?page=1

Sumber: https://news.okezone.com/read/2022/07/20/340/2632907/gempa-magnitudo-5-8-guncang-bengkulu-bpbd-belum-ada-laporan-kerusakan?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hindia,
companies ADA,
ministries BMKG, BPBD,
topics Gempa,
places BENGKULU, JAMBI, LAMPUNG, SULAWESI UTARA, SUMATERA SELATAN,
cities Lubuk Linggau, Mukomuko,