Pemerintah Upayakan Produksi Vaksin Dalam Negeri untuk Atasi Wabah PMK

  • 20 Juli 2022 08:48:41
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah upayakan dapat memproduksi sendiri vaksin untuk mengatasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Saat ini, pemerintah tengah mengupayakan pengembangan vaksin PMK dalam negeri.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan PMK Wiku Adisasmito menjelaskan, kemampuan produksi vaksin PMK dalam negeri berdasarkan serotipe virus PMK yang beredar di Indonesia.

Menurut dia, Indonesia sendiri telah memiliki kemampuan produksi vaksin untuk mengatasi beberapa penyakit yang menyerang hewan ternak.

Indonesia telah memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin hewan seperti Avian Influenza, Anthrax, New Castle Disease, dan Gumboro, jelas Wiku dikutip dari siaran persnya, Rabu (20/7/2022).

Saat ini, kata dia, kemampuan tersebut tengah diarahkan untuk dapat memproduksi vaksin PMK. Penyakit ini sendiri baru masuk kembali ke dalam negeri setelah 32 tahun Indonesia dinyatakan bebas PMK.

Indonesia juga berupaya mengadakan vaksin PMK dari luar negeri yang sesuai dengan serotipe virus yang tengah beredar di dalam negeri, katanya.

Sementara, terkait bantuan terhadap peternak yang mengalami kerugian akibat wabah PMK, pemerintah akan segera mengeluarkan peraturan rinci tentang besaran nilai bantuan. Diketahui, bahwa para peternak terpaksa memotong hewan ternaknya akibat terpapar PMK.

Kemudian, besaran bantuan akan disesuaikan dengan jenis ternaknya yaitu sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi dengan nominal maksimal sebesar 10 juta rupiah, tutur Wiku.

Seperti diketahui, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak telah menyerang ke berbagai daerah di Indonesia. PMK dapat menginfeksi hewan berkuku belah seperti sapi, babi, kerbau, kambing, domba, unta dan rusa.

Wiku meminta masyarakat atau khususnya para peternak diharapkan mengenali lebih awal hewan rentan yang terjangkiti PMK. Hewan rentan yang terinfeksi ditandai adanya lepuh atau erosi di mulut, lidah, gusi, lubang hidung puting dan di kulit sekitar kuku.

Selain itu, hewan lebih sering berbaring. Pada ternak potong terjadi penurunan bobot badan, dan pada ternak perah dapat terjadi penurunan produksi susu yang sangat drastis.

Virus PMK dapat menular ke hewan rentan PMK melalui kontak langsung dan tidak langsung. Penularan melalui kontak langsung terjadi saat hewan yang sehat berkontak dengan hewan yang terinfeksi. Sementara penularan melalui kontak tidak langsung dapat terjadi saat virus tidak sengaja terbawa oleh manusia.

Seperti terjadinya kontaminasi pada anggota tubuh, pakaian atau alas kaki yang tengah digunakan, atau kontaminasi pada kendaraan atau peralatan yang kemudian berkontak dengan hewan rentan sehingga virus PMK menginfeksi hewan tersebut.

Kita perlu memastikan penerapan protokol kesehatan yang tepat dan ketat untuk menjaga penyebaran virus PMK hewan rentan PMK lainnya, tegas Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Kementan terus gencar menyebarkan vaksin PMK untuk para peternak. Terutama agar hewan peliharaan mereka aman dikonsumsi, terlebih menjelang Idul Adha 2022.


https://www.liputan6.com/news/read/5018633/pemerintah-upayakan-produksi-vaksin-dalam-negeri-untuk-atasi-wabah-pmk

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5018633/pemerintah-upayakan-produksi-vaksin-dalam-negeri-untuk-atasi-wabah-pmk
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wiku Bakti Bawono Adisasmito,
ministries Kementan,
topics Protokol Kesehatan,
events Idul Adha 1441 Hijriah, vaksinasi,
products masker, vaksin,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, rupiah,
cities Bogor,
cases physical distancing,
animals Babi, Domba, Kambing, Sapi,