Denda Pajak Kendaraan Bermotor yang Tak Lulus Uji Emisi di Jakarta Diterapkan Sebelum Desember 2022

  • 20 Juli 2022 06:36:46
  • Views: 6

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiap menerapkan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), bagi yang tidak lulus atau belum uji emisi pada Desember 2022 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, persiapannya terus dikerjakan. Pihaknya juga terus meningkatkan jumlah tempat uji emisi untuk melayani masyarakat.

“Kami terus meningkatkan jumlah tempat uji emisi agar masyarakat terlayani dengan baik, katanya dalam keterangan resmi, Selasa 19 Juli 2022.

Baca Juga: Bantu Korban Banjir, Pemkab Garut Kerahkan Puluhan Petugas untuk Penyemprotan Disinfektan

Asep mengungkap, penambahan alat uji emisi dan jumlah teknisi juga terus ditingkatkan. Termasuk menyiapkan sistem informasi.

Sistem informasi uji emisi di Jakarta, kata dia, kini sudah terintegrasi dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda), Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya), pengelola perparkiran dan lain-lain.

Target sebelum Desember 2022, denda PKB uji emisi sudah bisa berlaku di Jakarta, katanya.

Baca Juga: Roundup: Detik-Detik Batas Akhir Blokir, Facebook hingga Mobile Legends Gercep Daftar PSE Kominfo

Nantinya, koefisien denda dari total Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ini bisa digunakan untuk perawatan jalan.

Kewajiban pengetatan uji emisi dalam rangka memperbaiki kualitas udara Jakarta juga tertuang dalam Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Di beleid tersebut diatur disinsentif parkir dan sanksi tilang.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015051846/denda-pajak-kendaraan-bermotor-yang-tak-lulus-uji-emisi-di-jakarta-diterapkan-sebelum-desember-2022

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015051846/denda-pajak-kendaraan-bermotor-yang-tak-lulus-uji-emisi-di-jakarta-diterapkan-sebelum-desember-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies Facebook,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
parties PKB,
topics Banjir,
products disinfektan,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Garut,