Berikan Pembekalan, Dubes Djumala Sebut Paskibraka Jadi Garda Terdepan Aktualisasi Pancasila

  • 19 Juli 2022 21:37:09
  • Views: 4

 


PIKIRAN RAKYAT
- Sebagai generasi muda pilihan dari berbagai daerah, Paskibraka dituntut untuk dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan.

Dewan Pakar Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Dr. Darmansjah Djumala MA mengatakan Paskibraka adalah garda terdepan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kegiatan kemasyarakatan.

Hal itu disamlaikan Djumala pada acara Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Paskibraka Tahun 2022 di Aula Sarbini, Taman Wiladatika, Cibubur, Depok.

Dubes Djumala juga mengatakan bahwa setelah mengemban tugas pengibaran Bendera Pusaka 17 Agustus nanti, anggota Paskibraka akan menjadi Duta Pancasila. Dengan status itu, anggota Paskibraka harus mampu menunjukkan keteladanan mereka dalam merefleksikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap ruang dan waktu.

Dalam pembekalannya yang bertajuk “Pancasila dalam Wawasan Kebangsaan dan Kewarganegaraan, Dubes Djumala yang pernah menjabat Duta Besar untuk Austria dan PBB di Vienna, menegaskan bahwa Pancasila sudah teruji oleh dinamika politik internasional. Berbagai gejolak politik dunia sudah memporakporandakan banyak negara.

Baca Juga: Catat! Ini Deretan Warna Cat Rumah Pembawa Keberuntungan

Pertikaian etnik, suku dan agama yang berujung pada perang saudara membuat banyak negara mengalami disintegrasi dan kehancuran.

Diungkapkan oleh Djumala, pergolakan politik berlatar etnik, suku dan agama ini disebabkan oleh absennya nilai yang menghargai keberagaman dan perbedaan sesama anak bbangsa.

Sejarah membuktikan ditengah gejolak politik global itu Indonesia tetap utuh dan solid sebagai bangsa dan negara. Itu tidak lain karena bangsa Indonesia tetap committed dengan Pancasila sebagai ideologi negara.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015049331/berikan-pembekalan-dubes-djumala-sebut-paskibraka-jadi-garda-terdepan-aktualisasi-pancasila

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015049331/berikan-pembekalan-dubes-djumala-sebut-paskibraka-jadi-garda-terdepan-aktualisasi-pancasila
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPIP, MA,
ngos GARDA,
parties PBB,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Austria, Indonesia,
cities Cibubur, Depok,