Kementerian Investasi Lanjutkan Sosialisasi NIB di Medan

  • 19 Juli 2022 20:31:52
  • Views: 5

KBRN, Jakarta: Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan meneruskan Sosialisasi dan Pemberian NIB Pelaku UMK Perseorangan. Lokasi berikutnya adalah Kota Medan, Sumatra Utara pada 20-21 Juli 2022 mendatang. 

Kementerian Investasi sebelumnya telah memfasilitasi 2.500 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) perseorangan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Jakarta pada Rabu (13/7) lalu. Pemberikan NIB pada ribuan UMK ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. 

Staf Khusus Bidang Hubungan Daerah Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa mengatakan pelaku UMK perseorangan sudah cukup adaptif dengan digitalisasi perizinan. Prosesnya cukup mudah melalui aplikasi OSS Indonesia. Sejak diluncurkan akhir tahun 2021 lalu, aplikasi OSS Indonesia telah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna baik di Android maupun iOS.

“Kami bekerja sama dengan beberapa mitra baik dari BUMN maupun pihak swasta dalam memberikan bimbingan secara daring ke pelaku UMK perseorangan. Saat ini mereka dapat memproses NIB cukup melalui ponsel saja. Alhamdulillah strategi ini cukup berjalan baik. NIB dapat diproses dengan cepat, mudah, dan tanpa biaya, ujar Tina, Selasa (18/7/2022). 

Tina menjelaskan pentingnya pelaku UMK perseorangan untuk mengurus legalitas usahanya. Dengan memiliki NIB, pelaku UMK perseorangan dapat memperoleh berbagai manfaat antara lain legalitas usaha dan kemudahan akses permodalan dari lembaga keuangan untuk mengembangkan usahanya.

Kota Medan menjadi titik ketiga dari kegiatan sosialisasi dan pemberian NIB pelaku UMK perseorangan, yang direncanakan pada 20 wilayah di seluruh Indonesia. Sebelumnya, Kementerian Investasi telah menyelenggarakan kegiatan ini di Kota Surakarta pada 5-6 Juli 2022 dan Jakarta pada 12-13 Juli 2022 lalu.


https://rri.co.id/ekonomi/1544102/kementerian-investasi-lanjutkan-sosialisasi-nib-di-medan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1544102/kementerian-investasi-lanjutkan-sosialisasi-nib-di-medan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph