Setop Pengiriman CPMI ke Malaysia, Kemnaker Akui Demi Keselamatan Pekerja Migran

  • 19 Juli 2022 17:36:44
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) tengah dihentikan pengiriman ke Malaysia untuk sementara waktu.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sebagai pihak yang bertanggung jawab, menyebut penyetopan pengiriman CPMI ke Malaysia adalah untuk perlindungan kepada calon pekerja.

Kemnaker menilai pengiriman CPMI ke Malaysia saat ini penuh risiko, mengingat ada sistem tak sejalan yang berakibat ancaman untuk keselamatan pekerja Indonesia.

Baca Juga: Pamer Toyota Vellfire Bernopol B 80 NGE, Bonge Makin Pede Unjuk Gigi Bareng Mobil Seharga Rp1,3 M

Pengiriman CPMI ke Malaysia memang kembali disetop saat ini, kata Muhyiddin selaku Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Tenaga Kerja Kemnaker.

Lebih lanjut, Muhyiddin menyatakan pengiriman CPMI ke Malaysia hanya dihentikan sementara waktu, bukan ditutup selamanya.

Ini berarti, Kemnaker sedang menunggu peningkatan sistem CPMI hingga menciptakan jaminan keselamatan warga Indonesia di luar negeri.

Baca Juga: 5 Fakta PSE yang Harus Kamu Tahu, Dinilai Jadi Pasal Karet yang 'Buka' Privasi Penggunanya

Kebijakan pemerintah ini bagian dari perlindungan kepada para CPMI, katanya.

Dalam kesempatan berbeda, Menaker Ida Fauziyah mengungkap alasan dari keputusan Indonesia untuk menghentikan pengiriman CPMI ke Malaysia.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015048063/setop-pengiriman-cpmi-ke-malaysia-kemnaker-akui-demi-keselamatan-pekerja-migran

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015048063/setop-pengiriman-cpmi-ke-malaysia-kemnaker-akui-demi-keselamatan-pekerja-migran
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ida Fauziyah,
companies ADA,
ministries Kemnaker, Menaker,
ngos PMI,
topics migran indonesia,
nations Indonesia, Malaysia,
cities Karet,
brands Toyota,