Siap-siap! Akhir Juli ini Hujan Meteor Meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquarids Akan Hiasi Langit Malam

  • 19 Juli 2022 15:21:33
  • Views: 3

PRFMNEWS - Hujan meteor adalah salah satu fenomena astronomi tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor tampak meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit.

Pada saat terjadi, meteor-meteor tersebut akan tampak seperti bintang jatuh atau bintang berpindah.

Sebenarnya meteor sendiri merupakan batuan atau debu antar-planet yang memasuki atmosfer bumi lalu terbakar karena gesekan atmosfer.

Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menjelaskan, pada akhir Juli mendatang akan terjadi fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids.

Baca Juga: Hujan Meteor di Langit Kota Bandung 29 Juli 2022, Sebabkan Dampak pada Cuaca? Ini Kata BRIN

Meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids terjadi di langit selatan sehingga cocok diamati dari Indonesia.

“Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 – 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur, ungkap Thomas, seperti yang dikutip prfmnews.id dari laman resmi BRIN.

Akan tetapi, menurut Thomas waktu terbaik untuk melihat hujan meteor tersebut adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan.

Peneliti BRIN tersebut juga menjelaskan bahwa diperkirakan ada sekitar 5 meteor per jam yang tampak melintas di langit.


https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-135045715/siap-siap-akhir-juli-ini-hujan-meteor-meteor-alpha-capricornids-dan-delta-aquarids-akan-hiasi-langit-malam
 

Sumber: https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-135045715/siap-siap-akhir-juli-ini-hujan-meteor-meteor-alpha-capricornids-dan-delta-aquarids-akan-hiasi-langit-malam
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BRIN,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities bandung,