TV Analog Siap Dimatikan Tahun Ini, Begini Tindakan yang Sedang Disiapkan Kominfo

  • 19 Juli 2022 10:36:54
  • Views: 9

PIKIRAN RAKYAT - Dalam waktu dekat, seluruh layanan siaran TV analog akan segera dimatikan oleh pemerintah.

Paling lambat, seluruh TV analog di Indonesia akan dimatikan pada 2 November 2022 mendatang dan langsung beralih ke TV digital.

Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang menyiapkan langkah untuk persiapan analog switch off (ASO) ini.

Salahs atunya adalah peralihan multi tahap yang diawali dengan dinonaktifkannya layanan TV analog di 12 wilayah Indonesia.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Soal Cinta dan Hubungan, Selasa 19 Juli 2022: Gemini Berhati-hatilah dengan Romansa Hari Ini

Dalam keterangan resminya di Cimahi pada Senin, 18 Juli 2022, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johhhny G Plate menyatakan bahwa proses ASO tak bisa langsung dilakukan secara serentak.

Hanya ada satu negara di dunia yang pernah melakukan ASO secara serentak, yaitu Singapura.

Hampir tidak mungkin serentak karena berbagai alasan. Selain topografi, ada alasan teknis lainnya yaitu spektrumnya. Untuk itu harus diatur reuse spectrum frequency jadi ada alasan geografis dan alasan teknis, ujarnya.

Baca Juga: Sebar Foto Korban Kecelakaan di Medsos Bisa Dihukum 6 Tahun Penjara, Ini Penjelasannya


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015043792/tv-analog-siap-dimatikan-tahun-ini-begini-tindakan-yang-sedang-disiapkan-kominfo

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015043792/tv-analog-siap-dimatikan-tahun-ini-begini-tindakan-yang-sedang-disiapkan-kominfo
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kemenkominfo,
nations Indonesia, Singapura,
places JAWA BARAT,
cities Cimahi,
cases kecelakaan,