Berat Hati Meninggalkan Tanah Suci

  • 19 Juli 2022 07:52:23
  • Views: 13

Selasa, 19 Juli 2022 - 07:00 WIB

VIVA – Mayoritas jemaah haji Indonesia sangat memanfaatkan waktu mereka di Mekah. Berada lama di tanah suci hingga 40 hari, mereka memanfaatkan waktu melakukan ibadah wajib dan sunnah, termasuk ibadah umroh. 

Meski membutuhkan fisik yang kuat dalam melakukan umroh yang termasuk ibadah sunnah, tidak membuat antusiasme jemaah melakukan ibadah sunnah tersebut melemah. Justru mereka sangat bersemangat. 

Salah satunya yang dilakukan jemaah asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Muhammad Ali Sanadi (48 tahun). Dia mengaku melaksanakan ibadah umroh total sebanyak 12 kali selama di Tanah Suci. 

Satu umroh wajib, satu umroh ifadhah usai Armuzna, sekali umroh sunnah untuk diri sendiri, dan selebihnya umroh membadalkan keluarga yang sudah meninggal, katanya kepada Tim Media Center Haji (MCH) di Jeddah, Arab Saudi.

Karena sering berumrah, membuat jemaah yang berprofesi sebagai guru ini kerap dijadikan pemimpin grup bagi jemaah yang ingin pergi umroh juga. Ada 6-10 orang yang selalu mau ikut umroh. Untuk miqatnya, kami naik taksi ke Masjid Tan'im, ungkapnya. 

Dia mengakui petugas haji selalu mengingatkan jemaah untuk menjaga kesehatan dengan tidak menguras tenaga dengan berbagai kegiatan ibadah sunnah. Tapi ia selalu yakin yang mengetahui kesehatan jemaah adalah jemaah itu sendiri.

Dua

Dua jemaah haji Indonesia, Muhammad Ali Sanadi dan M Bisri Mustafa.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1499113-berat-hati-meninggalkan-tanah-suci

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1499113-berat-hati-meninggalkan-tanah-suci
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Muhammad Ali,
companies ADA,
topics haji, umroh,
events Ibadah Umroh,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Bojonegoro, Jeddah, Mekah,