Menkes: Jemaah Haji Wajib Vaksin Booster Tiba di Indonesia

  • 18 Juli 2022 18:59:52
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengatakan jemaah haji yang telah pulang ke tanah air dan belum mendapatkan vaksin dosis ketiga, diminta segera vaksin booster.

“Bapak presiden memberikan arahan untuk semua Jemaah haji yang baru pulang dan belum dibooster diminta sambil menunggu di asrama haji sebelum dijemput keluarganya bisa di booster, kata Budi dalam konferensi pers PPKM, Senin (18/7/2022).

Hal tersebut rupanya telah dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, dimana jemaah haji yang telah pulang asal Jawa Timur telah divaksin booster. Tentunya, Pemerintah daerah lain juga harus mengikuti himbauan yang sama.

“Karena ini banyak Jemaah haji yang baru pulang, kita melihat di Jawa Timur Bu Gubernur sudah melakukan vaksin booster bagi mereka yang belum dibooster baik sekali, ucap Menkes.

Adapun, dikutip dari laman kemenag.go.id, operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M memasuki hari ke-43. Secara bertahap, jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama, pulang ke Tanah Air.

Total ada tujuh kelompok terbang (kloter) yang akan akan diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah menuju Tanah Air pada hari pertama fase pemulangan.

Mulai hari ini, secara bertahap jemaah haji Indonesia tiba di tanah air. Mereka tergabung dalam tujuh Kelompok Terbang (Kloter) yang akan mendarat di empat Debarkasi, kata Plh Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jum'at (15/7/2022).

Tujuh kloter tersebut, kata Wawan, terdiri atas dua kloter menuju Debarkasi Solo (SOC) dengan jumlah jemaah 714 orang. Satu kloter menuju Debarkasi Padang (PDG) dengan 393 jemaah. Dua kloter ke Debarkasi Jakarta - Bekasi (JKS) dengan 818 jemaah.

Sebanyak dua kloter menuju Debarkasi Jakarta - Pondokgede (JKG) dengan 780 orang jemaah. Jadi, total sebanyak 2.705 jemaah, pungkas Wawan.

Lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron di Jabodetabek, Pemerintah siapkan sejumlah langkah mitigasi. Percepatan vaksinasi booster jadi prioritas dan wajib sudah dua kali vaksin jika ingi beraktivitas di ruang publik.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5017111/menkes-jemaah-haji-wajib-vaksin-booster-tiba-di-indonesia

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5017111/menkes-jemaah-haji-wajib-vaksin-booster-tiba-di-indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin,
companies ADA,
ministries Kemenkes,
topics haji, Omicron, PPKM, vaksin booster,
events Ibadah Haji, vaksinasi,
products vaksin,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Bekasi, Jabodetabek, Jeddah, Pondokgede, Solo,
cases covid-19,