Jokowi Minta Jemaah Haji yang Pulang ke Indonesia di Vaksin Booster Sebelum Dijemput Keluarga

  • 18 Juli 2022 18:50:28
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kepada mereka yang baru pulang dari ibadah haji untuk bisa melengkapi dosis vaksinasi sebanyak tiga kali.

Hal itu disampaikan kepala negara saat menggelar rapat evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Istana Negara Jakarta.

Presiden memberikan arahan untuk semua jemaah haji baru pulang dan belum di-booster diminta sambil menunggu di asrama haji sebelum dijemput oleh keluarga, ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pesan presiden kepada awak media, Senin (18/7/2022).  

Budi menambahkan, arahan presiden juga meminta agar sejumlah giat masyarakat dipersyaratkan dengan vaksin booster. Tujuannya, semata melindungi dan meminimalkan tingkat fatalitas jika terjangkit.

Beberapa kegiatan masyarakat akan kita minta agar diwajibkan vaksinasi booster dengan tujuan untuk melindungi. Jadi masyarakat kalau terkena jangan sampai masuk rumah sakit dan jangan sampai wafat, harap Budi.

Budi menjelaskan, saat ini varian Covid-19 yang tengah mewabah adalah BA4 dan BA5 yang berkemampuan menembus seorang yang sudah divaksin dengan kekuatan 2-3x lipat lebih kuat dibandingkan varian Omicron atau BA1. 

Artinya, lanjut Budi, BA4 dan BA5 memiliki kesempatan lebih besar menjangkit seseorang meski sudah divaksin.

Kemungkinan masyarakat terkena, terinfeksi, lebih tinggi walau yang bersangkutan sudah divaksinasi, urai Budi.

 

Seluruh jemaah calon haji akan melakukan wukuf di Arafah, Arab Saudi pada hari Jumat mendatang. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan fasilitas jemaah haji Indonesia di Arafah pada Selasa (05/07) kemarin.


https://www.liputan6.com/news/read/5017193/jokowi-minta-jemaah-haji-yang-pulang-ke-indonesia-di-vaksin-booster-sebelum-dijemput-keluarga

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5017193/jokowi-minta-jemaah-haji-yang-pulang-ke-indonesia-di-vaksin-booster-sebelum-dijemput-keluarga
Tokoh









Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin, Fachrul Razi, joko widodo, Yaqut Cholil Qoumas,
ministries Kemenag,
topics haji, Omicron, PPKM, vaksin booster,
events vaksinasi,
fasums Istana Negara,
products vaksin,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places DKI Jakarta,