Kapan RI Kembali Kirim Pekerja Migran ke Malaysia dan Arab Saudi? Ini Bocoran dari Menaker

  • 18 Juli 2022 12:59:32
  • Views: 4

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan saat ini tengah mengkaji terkait penghentian sementara Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia.

“Saya jelaskan terkait dengan berita yang disampaikan oleh pak Dubes Indonesia untuk Malaysia Hermono untuk penutupan pemberhentian pengiriman pekerja migran Indonesia seluruh bidang, itu memang kami saat ini sedang melakukan tentunya telaah, kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi, kepada Liputan6.com, Kamis (14/7/2022).

Sekjen Anwar menegaskan, memang kebijakan untuk menyetop berasal dari Kementerian Ketenagakerjaan (kemnaker).

Oleh karena itu, pihaknya memerintahkan kepada atase Ketenagakerjaan yang ada di Malaysia untuk melakukan pengumpulan data-data terutama yang menyangkut masalah sistem maid online.

“Jadi, sistem online ini kan memang sistem yang sudah lama yang diterapkan oleh imigrasi Malaysia, terutama untuk mendapatkan pekerja asing dari Konversi visa, ujarnya.

Awalnya visa PMI itu merupakan visa kunjungan ke Malaysia yang kemudian PMI tersebut melamar kerja secara online, sehingga visa mereka menjadi visa pekerja. Jika hal ini terus dilanjutkan, maka akan merugikan PMI.

“Kalau ini tetap berlaku, ini jelas akan sangat merugikan terutama pada pekerja-pekerja migran kita yang nanti akan ada di sana, jelasnya.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5016741/kapan-ri-kembali-kirim-pekerja-migran-ke-malaysia-dan-arab-saudi-ini-bocoran-dari-menaker

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5016741/kapan-ri-kembali-kirim-pekerja-migran-ke-malaysia-dan-arab-saudi-ini-bocoran-dari-menaker
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anwar Sanusi,
companies ADA, Visa, WhatsApp,
ministries Kemnaker, Menaker,
ngos PMI,
topics migran indonesia,
nations Arab Saudi, Indonesia, Malaysia,