Ketua OJK Wimboh Santoso: Episode Baru, Momong Cucu hingga Prinsip Hidup...

  • 18 Juli 2022 08:06:34
  • Views: 8

NUSA DUA, KOMPAS.com - Di sela-sela perhelatan G20 Side Events di Bali pekan lalu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso menyempatkan diri untuk berbincang santai dengan Kompas.com dan beberapa media nasional.

Wimboh Santoso menuturkan, hidup adalah sebuah episode, dengan tantangan yang akan selalu berubah alias dinamis.

Kita bisa merencanakan baik dalam ekonomi, dalam sektor keuangan, even nasib kita. Tapi sebenarnya, itu bergantung Yang Maha Kuasa, yang bisa menentukan hidup kayak apa, ucap Wimboh membuka perbincangan.

Dia mencontohkan adanya Covid-19 yang menjungkirbalikkan semua rencana yang telah disiapkan manusia.

Yang direncanakan manusia berubah total. Mau ekonomi, mau politik, mau keuangan, berubah total. Sehingga hidup ini kita harus bisa sangat dinamis, menyesuaikan dengan apa kehendak Allah, di mana hidup dituangkan dalam perkembangan yang terjadi, seperti Covid ini, tutur pria kelahiran Boyolali, 15 Maret 1957 ini.

Baca juga: Pandemi Mereda, Perekonomian Pulih, OJK Wanti-wanti Pelaku Usaha Perkuat Tata Kelola Perusahaan

Pada saat Covid-19 selesai sebut Wimboh, semua struktur ekonomi berubah. Dari sisi produksi karena berbagai hal tidak bisa mengimbangi kebutuhan, sehingga berujung pada inflasi.

Karena orang euforia punya duit, belanja, emangnya barangnya bisa dibuat sesaat? Yang belanja tambah banyak, barangnya enggak bisa menyesuaikan kebutuhan manusia, kata dia.

Di samping itu, kebijakan stimulus selama pandemi juga harus dinormalisasikan, sehingga harus ada proses transisi, apalagi bila ternyata semua pihak termasuk pasar sudah terbiasa dengan kebijakan tersebut.

Kalau The Fed menaikkan suku bunga, 75 basis poin, yang punya duit satu juta dollar AS di Indonesia mungkin mikir juga. Hukum alam itu. Tinggal bagaimana caranya kita me-manage ini semua. Sehingga ini yang kita sebut episode baru, papar Wimboh.

Wimboh Santoso merupakan Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022 bakal mengakhiri tugasnya pada Juli 2022 ini. Rencananya pada 20 Juli 2022 Dewan Komisioner baru OJK periode 2022-2027 bakal dilantik.

KetuaKOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Ketua OJK Wimboh Santoso

https://money.kompas.com/read/2022/07/18/060400626/ketua-ojk-wimboh-santoso-episode-baru-momong-cucu-hingga-prinsip-hidup
 

Sumber: https://money.kompas.com/read/2022/07/18/060400626/ketua-ojk-wimboh-santoso-episode-baru-momong-cucu-hingga-prinsip-hidup
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wimboh Santoso,
companies ADA,
ministries OJK,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Boyolali,
cases covid-19,