Nyadran di Sengerang, Gandung Dukung Pelestarian Seni Budaya

  • 18 Juli 2022 01:06:05
  • Views: 13

WONOSARI, KRJOGJA.com – Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM mengikuti upacara tradisi Nyadran di Dusun Sengerang, Planjan, Saptosari. Bersamaan Kalurahan Planjan juga menerima SK Bupati Gunungkidul H Sunaryanta sebagai Kalurahan Rintisan Budaya. Dalam rangkaian Nyadran juga ditampilkan Upacara Adat Nyadran Petilasan ‘Eyang Belang Yungyang’.

“Keberadaan upacara adat, tradisi, seni , budaya perlu untuk dilestarikan. Selamat kepada Kalurahan Planjan, kini sudah menjadi Kalurahan Rintisan Budaya. Potensi seni budaya perlu terus dikembangkan, kata Anggota Komisi VII DPR RI Drs HM Gandung Pardiman MM, Minggu (17/07/2022).

Bersamaan ditampilkan kesenian reog, jathilan, hingga arak-arakan gunungan dan rebutan gunungan oleh masyarakat. Dalam acara ini Drs HM Gandung Pardiman MM juga membagikan doorprice jutaan rupiah dan uang tunai masing masing Rp 1,5 juta untuk karangtaruna, tiap RT, PKK dan grup musik, serta jathilan. Selain itu membantu pelaksanana kegiatan senilai Rp 2 juta. Serta mengadakan undian kuis hadiah jutaan rupiah bagi masyarakat yang hafal Sila Pancasila.


https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/gunungkidul/nyadran-di-sengerang-gandung-dukung-pelestarian-seni-budaya/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/gunungkidul/nyadran-di-sengerang-gandung-dukung-pelestarian-seni-budaya/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sunaryanta,
ministries DPR RI, Fraksi Golkar, Komisi VII DPR,
parties Golkar,
products Pancasila,
places rupiah,
cities Gunungkidul,