Bandara Dhoho di Kediri Mulai Beroperasi, Ini Harapan Menhub Budi

  • 17 Juli 2022 22:48:47
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri, Jawa Timur akan mulai beroperasi sesuai dengan rencana, yaitu pada Oktober 2023.

Bandara ini dibangun dalam kurun waktu yang menurut rencana Oktober 2023 akan dipergunakan. Dengan dipergunakannya bandara ini, kami harapkan konektivitas daerah Kediri dan sekitarnya akan menjadi lebih baik, apalagi runway dibuat sepanjang 3.300 meter, ujar Menhub Budi saat meninjau progres pembangunan Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022) melansir Antara.

Kemudian dia menjelaskan, dengan runway dibuat sepanjang 3.300 meter adalah kualifikasi bandara ultimate dan mampu didarati oleh Boeing 777.

Bahkan, lanjut Menhub Budi, sesuai dengan rencana, Bandara Dhoho Kediri juga akan dimanfaatkan untuk keperluan ibadah umrah dan haji. Dengan itu, tentunya masyarakat di Kediri dan sekitarnya senang dengan pembangunan bandara itu.

Kami harapkan ini bisa memberikan suatu kemakmuran bagi masyarakat di sekitar Kediri, kata Menhub Budi.

Pihaknya mengapresiasi dari pihak swasta yang turut serta membangun infrastruktur dan membantu pemerintah agar konektivitas bisa terwujud.

Bandara Dhoho Kediri merupakan salah satu proyek bandara yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dalam hal ini, pembangunannya dilakukan oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya PT Surya Dhoho Investama.

Ini bisa menjadi contoh bagi swasta lain, marilah bersama membangun fasilitas konektivitas udara, laut, darat, kereta api. Swasta join disini. Kami, Kemenhub sangat welcome dan akan memberikan suatu regulasi sebaik-baiknya, kata Menhub Budi.

 

Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan jalur ganda kereta api jurusan Cirebon Jombang


https://www.liputan6.com/news/read/5016367/bandara-dhoho-di-kediri-mulai-beroperasi-ini-harapan-menhub-budi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5016367/bandara-dhoho-di-kediri-mulai-beroperasi-ini-harapan-menhub-budi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi,
companies Boeing,
ministries Kemenhub,
organizations API,
topics haji,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR,
cities Cirebon, Kediri,