Ekspedisi Bengawan Solo 2022 Upaya Penyelamatan Sungai dan Tumbuhkan Spot Tourism

  • 17 Juli 2022 20:05:30
  • Views: 4

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Kondisi kritis Sungai Bengawan Solo membuat para sukarelawan mengupayakan langkah konservasi.

Upaya ini diawali pemetaan titik rawan di 462 kilometer alirannya yang melintasi 491 desa di 12 kabupaten wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pemetaan tersebut dilakukan Komunitas Stand Up Paddle Board Indonesia dan Yayasan Putra Nusantara dalam Misi Ekspedisi Bengawan Solo (MEBS) 2022 yang berlangsung 14 Juli hingga 14 Agustus 2022.

Pemberangkatannya dari pintu air Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah dan akan berakhir di Desa Bedanten, Gresik, Jawa Timur.

Penanggung Jawab Misi Aksi dan Mitigasi Ekspedisi Bengawan Solo, Tofan Ardi, mengatakan ekspedisi selama sebulan ini tak hanya mengajak untuk mengenang kejayaan Bengawan Solo sebagai bagian dari pusat peradaban Tanah Jawa.

Melalui sisi historis, ekspedisi ini juga bertujuan untuk menyajikan data mengenai kondisi terkini Bengawan Solo dan memetakan strategi konservasi, yang tentunya selaras dengan poin-poin dalam Sustainable Development Goals.

“Maka kami menganggap kepedulian terhadap Bengawan Solo ini bukan hanya tanggung jawab dari satu atau dua kota maupun kabupaten saja, tetapi menjadi tanggung jawab dari  masyarakat di seluruh wilayah yang dilalui oleh aliran Bengawan Solo, jelas Tofan, Sabtu (16/7/2022).


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/solo/ekspedisi-bengawan-solo-2022-upaya-penyelamatan-sungai-dan-tumbuhkan-spot-tourism/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/solo/ekspedisi-bengawan-solo-2022-upaya-penyelamatan-sungai-dan-tumbuhkan-spot-tourism/
Tokoh

Graph

Extracted

fasums sungai Bengawan Solo,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Gresik, Karanganyar, Solo, Wonogiri,
animals Gajah,