Hasil Riset LKP: Secara Kualitatif Moeldoko Layak Jadi Presiden RI 2024

  • 17 Juli 2022 18:36:32
  • Views: 2


PIKIRAN RAKYAT -
Lembaga Klimatologi Politik (LKP) dalam kesimpulan hasil risetnya menyebut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko layak menjadi Presiden RI 2024 karena secara kualitatif memiliki hampir semua kriteria yang dibutuhkan bangsa Indonesia.

Meskipun secara kuantitatif berdasarkan hasil survei berbagai lembaga riset, Moeldoko belum memiliki tingkat elektabilitas yang signifikan dibandingkan kandidat calon presiden (capres) papan atas seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan.

Secara kualitatif Moeldoko memiliki hampir semua kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin nasional. Sebab itu mantan Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) itu secara kualitatif layak untuk menjadi Presiden RI 2024-2029, ujar Direktur Eksekutif LKP, Usman Rachman dalam rilis yang diterima, Minggu (17/7/2022).

Dalam penentuan hasil risetnya itu, Usman menjelaskan LKP melakukan riset kualitatif secara periodik setiap empat bulan sekali dengan menetapkan 13 indikator sebagai acuan kelayakan apakah seorang tokoh layak menjadi Presiden RI 2024-2029 atau tidak.

Baca Juga: Profil Wonwoo SEVENTEEN yang Ternyata Punya Hobi dan Kepribadian Unik!

Indikator-indikator tersebut diantaranya latar belakang keluarga, prestasi belajar (pendidikan), pangkat kedinasan yang dicapai, aktivitas keorganisasian, jumlah penghargaan yang dicapai, tanggung jawab kerja, pemahaman empiris tugas, gagasan-gagasan besar, kontroversi dan lain-lain, paparnya.

Dari 13 indikator tersebut, menurut kajian LKP, Moeldoko mencapai nilai tertinggi dalam sembilan indikator, unggul dari semua tokoh yang namanya selalu mewarnai survei kuantitatif, tambah Usman.

Khusus mengenai gagasan-gagasan besar untuk bangsa dan negara, menurut kajian LKP, Moeldoko merupakan salah satu tokoh yang komitmen kebangsaannya sangat konsisten. Mulai dari isu-isu integritas territorial, ancaman terorisme, radikalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), toleransi beragama, hingga masalah character building bangsa, Moeldoko memiliki solusi yang dimata para pengamat selalu mengedepankan kepentingan nasional.

Sebagai mantan Panglima TNI, komitmen kebangsaan Moeldoko sudah tidak diragukan lagi. Ia tidak pernah berpikir dan bertindak sektarian, ucap Usman.

Baca Juga: Memasuki Kemarau Basah, Lahan Padi di Kuningan Terancam Diserang Hama


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015030718/hasil-riset-lkp-secara-kualitatif-moeldoko-layak-jadi-presiden-ri-2024

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015030718/hasil-riset-lkp-secara-kualitatif-moeldoko-layak-jadi-presiden-ri-2024
Tokoh













Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Moeldoko, Prabowo, SEVENTEEN, Wonwoo,
ministries TNI,
topics NKRI,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,