Tiba, 2 Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Positif COVID-19

  • 17 Juli 2022 17:52:30
  • Views: 7

Minggu, 17 Juli 2022 - 16:34 WIB

VIVA Nasional – Dua orang jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Debarkasi Surabaya, dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes Swab Antigen di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 17 Juli 2022. Keduanya lalu dipulangkan ke daerahnya dengan kendaraan terpisah dan diminta isolasi mandiri.

Jemaah haji Kloter Pertama Debarkasi Surabaya berasal dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Semuanya berjumlah 450 orang. Mereka mendarat di Bandara Internasional Juanda sekira pukul 05.15 WIB pagi. Sementara jemaah Kloter 2 mendarat pada pukul 12.55 WIB, juga sudah di asrama haji. Kloter 2 juga berjumlah 450 orang.

Secara langsung, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa datang menyapa jemaah yang baru datang di Asrama Haji Surabaya. Dia juga memantau proses skrining COVID-19 yang dilaksanakan oleh petugas terhadap jemaah. 
Bagi yang suhu badannya diatas 37,5° C atau memiliki gejala batuk, pilek, pusing akan di dilakukan PCR. Sedangkan bagi jemaah lainnya akan dilakukan swab antigen, katanya.

Khofifah menjelaskan, dari proses skrining, terdapat dua orang dari kloter pertama yang positif COVID-19 berdasarkan swab antigen. Mereka kemudian dites PCR. Sembari menunggu hasilnya, keduanya dipulangkan dengan kendaraan tersendiri ke rumah masing-masing dan dipandu melakukan isolasi mandiri.

Pada dasarnya, jemaah haji yang sudah dinyatakan negatif antigen, mereka bisa kembali ke rumah masing-masing. Termasuk mereka yang hendak melakukan ziarah haji, tetap bisa melaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mohon tetap menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan, jelas Khofifah. 

Pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji, kata Khofifah, dilakukan secara terintegratif oleh KKP, PPIH bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan petugas yang tergabung dalam Satgas COVID-19, tim PPLN dari TNI dan POLRI. Petugas ini juga akan didukung oleh Tim dari BPBD Provinsi Jatim yang akan melakukan disinfeksi.

Disinfeksi akan dilakukan pada barang bawaan jemaah, serta bus yang membawa jemaah. Bus akan didisfeksi sebelum dan sesudah digunakan penjemputan, jelasnya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1498533-tiba-2-jemaah-haji-debarkasi-surabaya-positif-covid-19

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1498533-tiba-2-jemaah-haji-debarkasi-surabaya-positif-covid-19
Tokoh



Graph