Moeldoko Pelototi Keberangkatan Calon PMI, Ini yang Disoroti

  • 17 Juli 2022 13:52:09
  • Views: 5

Minggu, 17 Juli 2022 - 13:26 WIB

VIVA Nasional – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko memastikan bisa segera mencarikan solusi terkait persoalan penempatan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Hal ini mengacu pada sebab, keberangkatan PMI ke sejumlah negara usai pandemi COVID-19 melandai dan masih belum maksimal karena beberapa kendala.

Padahal, negara-negara penempatan sudah mulai membuka kembali penerimaan tenaga kerja Indonesia seperti Korea, Jepang, dan Taiwan. 

“Persoalan keberangkatan calon pekerja migran ini harus segera dicarikan solusinya. Karena penempatan pekerja ke luar negeri adalah salah satu cara menampung angkatan kerja baru setiap tahunnya, kata Moeldoko dalam pernyataannya, pada Minggu, 17 Juli 2022.

Sebagai informasi, verifikasi lapangan pekerjaan ini menindaklanjuti pertemuan Kepala Staf Kepresidenan dengan pengurus Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI), pada Selasa 5 Juli 2022. Dalam audensi tersebut, APJATI mengungkapkan ada puluhan ribu calon PMI belum bisa diberangkatkan ke negara tujuan, dan masih mengantre di Sistem Komputerisasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (Sisko P2MI).

Moeldoko menyebut, satu dari sekian masalah yang dihadapi oleh perusahaan jasa tenaga kerja indonesia adalah soal belum optimalnya aturan pembebanan biaya dan belum terbitnya aturan komponen biaya per negara oleh lembaga terkait.

Padahal, aturan pembebanan biaya dan aturan komponen biaya menjadi acuan proses penempatan dan acuan pembiayaan yang diperlukan semua pihak.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1498503-moeldoko-pelototi-keberangkatan-calon-pmi-ini-yang-disoroti

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1498503-moeldoko-pelototi-keberangkatan-calon-pmi-ini-yang-disoroti
Tokoh



Graph

Extracted

persons Moeldoko,
companies ADA,
ngos PMI,
topics migran indonesia,
nations Indonesia, Jepang, Taiwan,
cases covid-19,