ASSA High Level Meeting, Upaya BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Jaminan Sosial Pasca Pandemi

  • 16 Juli 2022 16:48:40
  • Views: 4

Menurut data BPJAMSOSTEK, Gen-Z & Milenial menjadi kelompok terbesar yang melakukan pencairan JHT, yaitu sebesar 75 persen. Sehingga dapat dikatakan pekerja usia muda paling terdampak oleh situasi krisis ini. Pembatasan mobilitas sosial yang diterapkan pemerintah juga merubah perilaku masyarakat untuk lebih menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk menjawab beragam tantangan tersebut, Anggoro menjelaskan bahwa BPJAMSOSTEK memiliki 2 strategi besar, yang pertama adalah penerapan layanan digital dengan memanfaatkan teknologi electronic know your customer (e-KYC) yang disematkan pada aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). Inovasi ini terbukti mampu meningkatkan kecepatan proses klaim dari yang awalnya membutuhkan waktu 10-15 hari menjadi hanya 10-15 menit. Kemudahan layanan ini pada akhirnya mendorong angka klaim melalui kanal online saat ini 76 persen. 

Sementara itu untuk meningkatkan cakupan kepesertaan, BPJAMSOSTEK mengambil peluang dari bertambahnya jumlah pekerja di sektor informal dengan cara menggandeng fintech, e-commerce serta perbankan untuk memberikan kemudahan melalui perluasan kanal daftar dan bayar iuran. Selain itu, di tahun 2022 ini, BPJAMSOSTEK juga mengembangkan skema keagenan baru yang disebut dengan New Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia). Kedua inovasi tersebut terbukti berhasil meningkatkan akuisisi peserta hampir tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. 

Selanjutnya Anggoro juga menyinggung soal kondisi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang juga cukup terdampak pandemi Covid-19. Namun di balik itu, BPJAMSOSTEK terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Social Security Organization (SOCSO) Malaysia untuk memastikan keberlanjutan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan para PMI di negara tujuan, khususnya Malaysia.


https://www.liputan6.com/news/read/5015797/assa-high-level-meeting-upaya-bpjs-ketenagakerjaan-perkuat-jaminan-sosial-pasca-pandemi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5015797/assa-high-level-meeting-upaya-bpjs-ketenagakerjaan-perkuat-jaminan-sosial-pasca-pandemi
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPJS, Jamsostek,
ngos PMI,
topics e-commerce, migran indonesia,
products fintech, jaminan sosial,
nations Indonesia, Malaysia,
cases covid-19,