13 Kecamatan Terendam, Garut Darurat Banjir

  • 16 Juli 2022 15:34:31
  • Views: 4

Merdeka.com - Hujan deras mengguyur Kabupaten Garut pada Jumat (15/7) menyebabkan 13 kecamatan terendam banjir. Pemerintah Kabupaten Garut menetapkan situasi darurat banjir.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan pihaknya dibantu TNI-Polri melakukan penanganan banjir di lapangan. Dia sudah menerima banyak laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan para camat.

taboola

“Dari laporan yang masuk, untuk wilayah yang terendam banjir tadi malam ada delapan kecamatan, yaitu Cikajang, Bayongbong, Cilawu, Garut Kota, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Karangpawitan, dan Cibatu. Kami nyatakan saat ini Garut dalam keadaan darurat banjir, kata Rudy, Sabtu (16/7).

Dia juga memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) untuk menyalurkan beras cadangan pemerintah kepada masyarakat untuk kondisi darurat.

“Untuk air bersih juga saya sudah meminta direktur PDAM untuk segera memulihkan saluran air yang keruh akibat banjir, ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Rudy melaporkan tidak ada korban meninggal dunia akibat banjir tersebut. Walau begitu, menurutnya, semua pihak harus tetap waspada karena saat ini hujan masih turun.

Warga Garut diminta agar tidak panik dengan bencana banjir. Pemkab Garut masih memiliki anggaran yang cukup untuk penanganan banjir melalui belanja tidak terduga.

Semua bisa dilakukan gotong royong, jangan panik. Kepada kepala desa, kepala kelurahan di bawah koordinasi pak camat melakukan langkah konkret di lapangan. Segera laporkan untuk mengatasi kesulitan masyarakat kita, sebutnya.

Berdasarkan data yang yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Garut, dampak kerusakan akibat hujan deras di Kabupaten Garut terjadi di 13 kecamatan. Kecamatan itu adalah Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Garut Kota, CIkajang, Bayongbong, Karangpawitan, Banyuresmi, Cilawu, Banjarwangi, Cibatu, Talegong, Samarang, dan Pasirwangi. [ray]

Baca juga:
Update Banjir Jakarta: Jumlah RT Terendam Berkurang jadi 83
Penjelasan Ilmiah Penyebab Curah Hujan Tinggi Guyur Jabodetabek Akibatkan Banjir
Curah Hujan Tinggi, Permukiman Kebon Pala Terendam Banjir
Tol BSD Langganan Banjir, Pengelola Minta Pemkot Tangsel Normalisasi Kali Cibenda
Pintu Air Angke Hulu Siaga Satu, Empat Lainnya Berstatus Waspada


https://www.merdeka.com/peristiwa/13-kecamatan-terendam-garut-darurat-banjir.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/13-kecamatan-terendam-garut-darurat-banjir.html
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gunawan, Rudy Gunawan,
companies ADA,
ministries BPBD, TNI,
bumns PDAM,
topics Banjir,
products Beras,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Angke, Garut, Jabodetabek, Kebon Pala,