Kendalikan Inflasi, Kementan Bagikan 3.500 Benih Cabai ke Masyarakat Jakarta

  • 16 Juli 2022 14:58:42
  • Views: 13

Supianto | Sabtu, 16/07/2022 14:20 WIB

Kendalikan

Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) membagikan 3.500 benih cabai dalam polybag secara gratis kepada masyarakat DKI Jakarta di Kebun Bibit Cibubur, Jakarta Timur.

JAKARTA, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) membagikan 3.500 benih cabai dalam polybag secara gratis kepada masyarakat DKI Jakarta di Kebun Bibit Cibubur, Jakarta Timur.

Pembagian benih untuk ditanam di halaman atau pekarangan rumah merupakan salah satu upaya Kementan menyiapkan logistik hortikultura strategis untuk mengendalikan inflasi karena tingginya harga cabai.

Hal ini juga merupakan bentuk dukungan untuk program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) serta Pertanian Perkotaan (Urban Farming) yang menjadi tanggung jawab Direktorat Jenderal Hortikultura.

Pembagian benih cabai dalam polybag kali ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara Kementan dengan Pemda DKI Jakarta. Harapannya dalam beberapa bulan ke depan, setidaknya menjelang Hari Besar Keagamaan Natal dan tahun baru 2023 sudah dapat dipanen hasilnya, ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari.

Sebelumnya, Kementan juga membagikan benih cabai kemasan dalam kegiatan Gelar Pangan Murah di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Juni 2022 untuk masyarakat di Kepulauan Seribu. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Perbenihan Hortikultura, Inti Pertiwi Nashwari mengungkapkan, pembagian benih cabai dalam polybag merupakan langkah cepat yang diambil Kementan untuk mengantisipasi kondisi saat ini.

Inti berharap, masyarakat dapat menanam benih cabai ini di pekarangan rumah, sehingga hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Tahap-tahap selanjutnya sudah ada dalam rencana kami untuk membagikan benih cabai kepada masyarakat. Setidaknya, jika benih ini ditanam dan hidup di pekarangan rumah warga Jakarta, ketika berbuah dapat mengurangi pembelian cabai di luar. Mudah-mudahan dapat membantu mengurangi lonjakan harga cabai, terang Inti.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menerangkan bahwa ini adalah bentuk tindak lanjut dan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengendalikan kebutuhan pangan strategis.

Suharini juga menyatakan rasa terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan benih cabai dalam polybag ini.

Ini merupakan bentuk tindak lanjut dan bukti bahwa Pemprov DKI Jakarta ikut berperan serta mengendalikan kebutuhan pangan strategis, salah satunya cabai. Saya ucapkan terima kasih kepada Kementan dan Direktorat Jenderal Hortikultura atas bantuan benih cabainya ini. Seluruh benih cabai ini akan kami bagikan ke kelompok tani di Jakarta, khususnya di Kecamatan Cipayung, Ciracas dan Pasar Rebo, jelas Suharini.

Benih cabai dalam polybag sejumlah 3.500 buah ini disediakan oleh Kelompok Tani Taman Pak Tani dari Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Benih cabai merupakan jenis cabai rawit prentul dengan varietas Dewata 43 dan disemai menggunakan media tanam jenis mix dengan komposisi 50 persen sekam bakar, 30 persen cocopeat, 10 persen pupuk kandang, dan 10 persen tanah subur.

TAGS : Benih Cabai Kementerian Pertanian Kebun Bibit Cibubur Inti Pertiwi Nashwari Infalasi

https://www.jurnas.com/artikel/120618/Kendalikan-Inflasi-Kementan-Bagikan-3500-Benih-Cabai-ke-Masyarakat-Jakarta/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/120618/Kendalikan-Inflasi-Kementan-Bagikan-3500-Benih-Cabai-ke-Masyarakat-Jakarta/
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kementan, Pemprov DKI Jakarta,
institutions Sekretaris Direktorat Jenderal,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Cianjur, Cibubur, Cipayung, Ciracas, Kepulauan Seribu, Pasar Rebo,
plants Cabai,