Politisi PSI Sebut Kekerasan Seksual Fenomena Gunung Es

  • 15 Juli 2022 21:19:19
  • Views: 7

MerahPutih.com - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menyoroti jumlah kasus pelecehan seksual di Jakarta yang naik tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan, melonjaknya laporan kekerasan seksual bisa jadi hanya fenomena gunung es.

Baca Juga

Komisi VIII DPR Dorong Penerbitan Permenag Cegah Kekerasan Seksual

Menurutnya, bisa jadi masih banyak kasus yang terjadi namun korban kebanyakan tidak mengetahui bahwa yang dialaminya adalah kekerasan seksual dan harus lapor atau datang ke mana

Angka tahun sebelumnya rendah juga belum tentu karena kejadiannya sedikit, jangan-jangan karena yang mengerti harus lapor ke mana masih sedikit, kata Anggara di Jakarta, Jumat (15/7).

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI ini mengatakan, Pemprov DKI punya tugas memastikan rasa aman warga Jakarta terutama di fasilitas umum.

Kita memang sudah ada fasilitas pengaduan, tapi harus dipikirkan upaya preventif agar warga Jakarta merasa aman. Perkuat koordinasi dengan kepolisian, anggota Satpol PP yang banyak bertugas di lapangan juga harus punya kemampuan menangani kasus, sambungnya.

Baca Juga

Darurat Kekerasan Seksual, PP dan Perpres UU TPKS Harus Segera Dibikin

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, kasus pelecehan seksual di Jakarta mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan data pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A), pada 2020 terjadi pelecehan seksual sebanyak 8 kali, sedangkan 2021 ada 8 laporan.

Sedangkan, di tahun 2022 ada sebanyak 15 laporan kasus pekecehan seksual, padahal baru berjalan 7 bulan dari Januari hingga Juli.

Ada peningkatan yang signifikan pelecehan seksual di Jakarta, ujar Riza Patria di Jakarta, Kamis (14/7). (Asp)

Baca Juga

400 Lebih Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Terjadi di Provinsi Ibu Kota Baru


https://merahputih.com/post/read/politisi-psi-sebut-kekerasan-seksual-fenomena-gunung-es

Sumber: https://merahputih.com/post/read/politisi-psi-sebut-kekerasan-seksual-fenomena-gunung-es
Tokoh





Graph