Banjir di Pati, Ganjar Pranowo: Pengungsi Sudah Tertangani, Tinggal Selesaikan Perbaikan Tanggul

  • 15 Juli 2022 20:36:36
  • Views: 5


PIKIRAN RAKYAT -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih terus memantau perkembangan bencana banjir di Kabupaten Pati. Sejauh ini warga yang terdampak banjir sudah ditangani oleh tim di lapangan dan ditampung di pengungsian. Ganjar meminta tim untuk secepatnya menuntaskan perbaikan tanggul sungai yang jebol.

Beberapa pengungsi untuk di-handle dan kabupaten sudah siap. Tim sudah diturunkan sama Bupati. Tanggulnya jebol itu. Maka saya minta untuk dilakukan penanganan cepat. Sekarang harus cepat, katanya saat ditemui usai menghadiri acara di Rest Area Heritage KM 260B, Banjaratma, Brebes, Jumat, 15 Juli 2022.

Ganjar menjelaskan berdasarkan peta yang ada sebenarnya tidak terlalu sulit. Pananganan dan perbaikan tanggul bisa diselesaikan dengan cepat dengan mengirim alat berat ke lokasi.

Sebenarnya dari peta yang ada tidak terlalu sulit. Tinggal mengirim alat beratnya ke sana. Dari BBWS kemarin sudah turun, ungkapnya.

Baca Juga: Dewan Pers: Intimidasi Terhadap Kerja Jurnalistik Cara yang Tidak Benar

Prinsip penanganan bencana seperti yang terjadi di Kabupaten Pati tersebut pada dasarnya bisa dikerjakan lebih dulu oleh kabupaten. Apabila kabupaten tidak dapat mengatasi atau mengalami kendala maka provinsi sudah menyiapkan tim untuk mem-back up. Tim Back up itu sendiri juga sudah dikerahkan untuk mempercepat penanganan di Pati.

Prinsipnya sih kalau provinsi, kerjakan dulu di kabupaten. Kalau tidak siap kita siapkan tim untuk back up. Tapi memang terkait alat berat dan sebagainya kemarin kita sudah komunikasi dan sudah tiga hari ini mereka bekerja. Mudah-mudahan sih selesai. Bisa diselesaikan dengan cepat termasuk ketika membereskan pengungsinya, katanya.

Tim yang diterjunkan ke lapangan juga telah bergerak cepat untuk menangani banjir bandang di Kabupaten Pati. Selain mengevakuasi warga ke pengungsian, tim di lapangan juga melakukan pembersihan fasilitas umum dan jalan agar akses perbaikan tanggul yang jebol berjalan lancar.

Kabid Penanganan Darurat BPBD Jawa Tengah Dikki Rulli Perkasa menyebut, upaya penanganan dilakukan sinergis. Ia mengatakan, penanganan kini dipusatkan ke dua desa terdampak, yaitu Bulumanis Kidul dan Tunjungrejo. Mengingat area terdampak lain sudah tertangani. Sasaran penanganan adalah fasilitas sosial, fasilitas umum, rumah penduduk, dan akses jalan di Desa Bulu Manis Kidul dan Tunjungrejo.

Baca Juga: Link Streaming Final Piala AFF U19 2022 Malaysia vs Laos, Tonton Gratis di Vidio

Hari ini kita harapkan bisa selesai, jika ada alat berat (masuk) bisa sampai ke sana, ujarnya.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015015276/banjir-di-pati-ganjar-pranowo-pengungsi-sudah-tertangani-tinggal-selesaikan-perbaikan-tanggul

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015015276/banjir-di-pati-ganjar-pranowo-pengungsi-sudah-tertangani-tinggal-selesaikan-perbaikan-tanggul
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies ADA, Vidio,
ministries BPBD,
institutions Dewan Pers,
topics Banjir, Banjir Bandang,
nations Laos, Malaysia,
places JAWA TENGAH,
cities Brebes, Pati,