Ekonomi China Susut Imbas Lockdown, Terburuk Dibandingkan Awal Pandemi Covid-19

  • 15 Juli 2022 16:58:46
  • Views: 3

 

Adapun tingkat pengangguran di antara usia muda di China yang telah mencapai lebih dari 18 persen di tengah pandemi Covid-19.

Angka tersebut tiga kali lebih besar dari tingkat pengangguran resmi perkotaan dan rekor tertinggi bagi pencari kerja berusia 16 hingga 24 tahun di China. 

Dilansir dari Nikkei Asia, Jumat (15/7/2022) 10,76 juta lulusan perguruan tinggi di China memasuki salah satu pasar kerja terburuk dalam beberapa dekade, karena ekonomi yang terhenti akibat kebijakan ketat nol-Covid-19, pasar properti yang merosot, hingga aturan ketat di sektor teknologi.

Perusahaan teknologi terkemuka seperti Tencent dan Alibaba, yang pernah menjadi saluran utama bagi lulusan baru, dikabarkan memangkas puluhan ribu staf.

Namun, belum ada perusahaan yang menanggapi kabar terkait PHK tersebut.

Bahkan mereka yang memiliki pekerjaan melihat sekeliling dengan gugup saat perusahaan mengumumkan pemotongan baru setiap saat.

Pengumuman itu datang tiba-tiba. Beberapa karyawan diminta untuk segera meninggalkan tempat kerja setelah mereka diberi tahu, bebernya.

Untuk mengatasi meningkatnya pengangguran, Beijing menawarkan insentif dan subsidi kepada perusahaan yang akan membuat staf tetap digaji. 

Bisnis kemungkinan akan melihat permintaan domestik dan eksternal yang lemah dalam waktu lama, dan akan tetap konservatif dalam mempekerjakan dan mempertahankan karyawan, kata perusahaan layanan keuangan BofA Securities dalam laporan pada bulan Juni. 

BofA Securities memprediksi, akan pengangguran usia muda di China bisa mencapai 23 persen pada Juli dan Agustus 2022. 

Tantangan pasar tenaga kerja tahun ini bisa lebih besar daripada (di awal pandemi), mengingat tidak adanya akhir yang jelas dari penurunan ekonomi dan sedikit kemungkinan rebound yang cepat atau kuat, jelas perusahaan itu.

Senada, seorang perekrut yang berbasis di Guangzhou, yakni Amy Tan juga mengatakan bahwa pasar kerja sangat lesu karena langkah-langkah pencegahan Covid-19.

Perusahaan tidak merekrut karena penjualan mereka terpengaruh, ungkapnya.

 

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5015053/ekonomi-china-susut-imbas-lockdown-terburuk-dibandingkan-awal-pandemi-covid-19

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5015053/ekonomi-china-susut-imbas-lockdown-terburuk-dibandingkan-awal-pandemi-covid-19
Tokoh

Graph

Extracted

companies Alibaba, Tencent,
topics lockdown,
nations Republik Rakyat Cina,
cities Beijing, Shanghai,
cases covid-19, pengangguran, PHK,