KontraS: Kejanggalan Kasus Brigadir J Mirip dengan Kematian 6 Laskar FPI

  • 15 Juli 2022 10:48:38
  • Views: 7

Liputan6.com, Jakarta Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menyoroti beberapa kejanggalan dalam proses pengusutan kasus adu tembak antarpolisi yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Berdasarkan informasi yang kami himpun, terdapat berbagai kejanggalan yang mewarnai proses pengusutan kasus ini, kata Wakil Koordinator KontraS Rivanlee Anandar dalam keterangannya, dikutip Jumat (15/7/2022).

Pertama, sebut Rivanlee, terkait disparitas waktu yang cukup lama sejak insiden dengan pengungkapan ke publik yakni sekitar dua hari. Lalu, kronologis yang berubah-ubah disampaikan oleh pihak Kepolisian, membuat kasus ini tak masuk akal.

Kedua, ditemukannya luka sayatan pada jenazah Brigadir J di bagian muka. Ketiga keluarga yang sempat dilarang melihat kondisi jenazah. Kemudian CCTV dalam kondisi mati pada saat peristiwa terjadi.

Terakhir, keterangan Ketua RT setempat yang mengaku tidak mengetahui adanya peristiwa adu tembak dan proses olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kami menilai bahwa sejumlah kejanggalan tersebut merupakan indikasi penting bahwa Kepolisian terkesan menutup-nutupi dan mengaburkan fakta kasus kematian Brigadir J, tutur dia.

Atas beberapa kejanggalan yang ada, Rivanlee memandang bahwa kasus baku tembak antara Brigadir J dengan Bharada E ini, seperti halnya kejanggalan pada kasus kematian enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek.

Bukan kali pertama, upaya Kepolisian dalam menyembunyikan fakta juga terjadi pada kasus terdahulu, seperti halnya penembakan terhadap enam laskar Front Pembela Islam (FPI), sebut dia.

Pada persidangan kasus, terbukti bahwa sejumlah warga sekitar diduga mengalami intimidasi oleh aparat untuk tidak merekam peristiwa dan bahkan diminta untuk menghapus file rekaman atas peristiwa penangkapan yang terjadi. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Komnas HAM ketika memberikan keterangan di persidangan, tambah Rivanlee.

 

Duka mendalam masih dirasakan keluarga korban penembakan, Brigadir J. Keluarga mengungkap sejumlah kejanggalan pascatewasnya Brigadir J. Salah satunya, telepon dan akun sosmed keluarga korban diduga diretas.


https://www.liputan6.com/news/read/5014624/kontras-kejanggalan-kasus-brigadir-j-mirip-dengan-kematian-6-laskar-fpi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5014624/kontras-kejanggalan-kasus-brigadir-j-mirip-dengan-kematian-6-laskar-fpi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ferdy Sambo, Listyo Sigit Prabowo, Rivanlee Anandar,
companies ADA,
ministries Polisi, Propam Polri,
organizations FPI,
ngos Komnas HAM, KontraS,
religions Islam,
products CCTV,
places DKI Jakarta,
cases HAM, penembakan,