Puan: RI Sebenarnya Masih Dalam Kondisi Darurat Hoaks

  • 14 Juli 2022 23:52:50
  • Views: 12

Kamis, 14 Juli 2022 - 22:39 WIB

VIVA Nasional – Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti fenomena post-truth yang marak di masa pandemi COVID-19. Dia mengimbau generasi muda terutama mahasiswa bisa melawan fenomena ini dengan gerakan menangkal hoaks.

Demikian disampaikan Puan saat jadi pembicara dalam Webinar internasional Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik (IAIN SAS), Bangka Belitung.

“Fenomena post-truth sudah seperti pandemi. Dia menyebar secara cepat dan global, serta dapat menjangkiti siapapun tanpa pandang bulu, kata Puan, dalam keterangannya, Kamis, 14 Juli 2022.

Dia menyampaikan saat ini banyak orang dari kelompok masyarakat mana pun dengan tingkat pendidikan apapun mudah terjangkit post-truth. Ia menekankan mereka mengabaikan fakta dan etika dalam berpendapat. 

Kata Puan, mereka lebih menyepakati hal-hal yang dekat dengan keyakinan pribadinya. Padahal, fenomena post-truth, membuat hoaks dan teori konspirasi yang tidak berdasar fakta malah berjaya. 

Tetapi, tersebar dengan luas dan dipercaya banyak orang. Dan, ketika ingin diluruskan malah bersembunyi di balik istilah kebebasan berpendapat, tutur politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu.

Aksi

Aksi tolak hoaks di Lhokseumawe, Aceh


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1497681-puan-ri-sebenarnya-masih-dalam-kondisi-darurat-hoaks

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1497681-puan-ri-sebenarnya-masih-dalam-kondisi-darurat-hoaks
Tokoh

Graph

Extracted

ministries DPR RI,
institutions IAIN,
religions Islam,
parties PDIP,
topics konspirasi,
events vaksinasi,
places Aceh, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,
cases covid-19,