11 Jam Diperiksa Polisi, Roy Suryo Tegaskan Dirinya Masih Berstatus Saksi

  • 14 Juli 2022 22:48:39
  • Views: 6

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan penistaan agama. Politikus Partai Demokrat itu diperiksa selama hampir 11 jam.

Usai pemeriksaan, Roy Suryo menegaskan dirinya masih berstatus sebagai saksi dalam perkara dugaan penistaan agama ini. 

Alhamdulillah belum berubah, (status) masih sama (saksi), kata Roy Suryo usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Kamis (14/7/2022) malam.

Roy hadir memenuhi undangan Polda Metro Jaya dengan didampingi penasihat hukumnya. Dia datang sekira pukul 10.00 WIB tadi.

Pengakuannya, Roy Suryo diberondong 38 butir pertanyaan oleh penyidik terkait laporan dugaan penistaan agama. Namun, Roy tak merinci materi pemeriksaan karena menurutnya itu ranah penyidik untuk mejelaskan.

Jawaban saya banyak dan cukup detil karena sangat teknis. Insyaallah data yang saya berikan bisa sangat bermanfaat untuk kepentingan penyidik, ujar dia.

Roy mengaku turut menyerahkan bukti pendukung untuk dipelajari lebih lanjut oleh penyidik. Dia mengatakan, bukti yang diberikan bukan hanya dalam bentuk print out semata, tetapi juga berupa data elektornik.

Saya siap membantu proses ini agar jelas, terang, tidak ada salah, ujar dia.

Politikus senior Partai Demokrat ini menerangkan, unggahan meme stupa Borobudur beberapa waktu lalu merupakan bentuk menyuarakan pendapat masyarakat berkaitan dengan kenaikan tarif wisata ke candi tersebut.

Ini kritik sosial, kata Roy Suryo menandaskan.

Sebelumnya, Roy Suryo dilaporkan ke polisi atas kasus dugaan penistaan agama setelah mengunggah meme stupa candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

Unggahan tersebut kemudian dihapus karena menuai polemik. Roy Suryo juga langsung meminta maaf kepada umat Buddha. 

Mantan Menpora dilaporkan oleh seorang warga ke Polres Metro Jakarta Pusat. Roy dilaporkan karena diduga menggelapkan sejumlah aset negara bernilai miliaran rupiah


https://www.liputan6.com/news/read/5014347/11-jam-diperiksa-polisi-roy-suryo-tegaskan-dirinya-masih-berstatus-saksi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5014347/11-jam-diperiksa-polisi-roy-suryo-tegaskan-dirinya-masih-berstatus-saksi
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Roy Suryo,
companies ADA,
ministries Kemenpora, Polda Metro Jaya, Polisi,
parties Demokrat,
fasums Borobudur,
places DKI Jakarta, rupiah,
cases penistaan agama,