Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Menang Telak di Jateng dan Jatim

  • 14 Juli 2022 21:00:03
  • Views: 3

Sundari | Kamis, 14/07/2022 19:50 WIB

Lembaga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (foto: Humas Perpusnas)

Jakarta, Jurnas.com - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terkait calon presiden pada Pilpres 2024 di tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. 

 

Hasilnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul telak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

Di Jawa Tengah, Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyampaikan elektabilitas Ganjar mencapai 71,5 persen. Kemudian diikuti oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebesar 7,6 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 6,2 persen.

 

Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo elektabilitasnya 71,5 persen, menjadi pilihan tertinggi responden di Jawa Tengah, jauh di atas nama-nama lainnya, ujar Yunarto dalam keterangan tertulis.

 

Di Jawa Timur, elektabilitas Ganjar mencapai 31,8 persen. Kemudian disusul Anies 17 persen serta Prabowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan masing-masing 15 persen.

 

Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi, diikuti oleh Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa dan Prabowo, kata Yunarto.

 

Sedangkan di Jawa Barat, elektabilitas Ganjar mencapai 15,2 persen. Orang nomor satu di Jateng ini berada di bawah Prabowo yakni sebesar 26,9 persen, Anies 22 persen, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil 19,5 persen.

 

Survei Charta Politika dilakukan pada tanggal 24-30 Juni 2022. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden per provinsi dengan margin of error (MoE) 2,83%.

 

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

TAGS : Ganjar Pranowo Gubernur Jateng Survei Charta Politika Elektabilitas Ganjar Capres 2024 Pilpres

https://www.jurnas.com/artikel/120524/Survei-Charta-Politika-Elektabilitas-Ganjar-Menang-Telak-di-Jateng-dan-Jatim/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/120524/Survei-Charta-Politika-Elektabilitas-Ganjar-Menang-Telak-di-Jateng-dan-Jatim/
Tokoh













Graph