G20 Kembangkan Ekonomi Biru, Hijau, dan Sirkular Demi Ekonomi Berkelanjutan

  • 14 Juli 2022 18:07:28
  • Views: 3


Implementasinya, bisa menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru, mengurangi sampah dari berbagai sektor, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya secara virtual pada Side Event Pertemuan Sherpa ke-2 Presidensi G20 Indonesia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (13/7).


“Isu-isu lingkungan seperti polusi karbon, degradasi laut dan tanah, hingga sampah plastik mendorong urgensi penerapan pendekatan ekonomi yang berkelanjutan kata Menko Airlangga.

Seminar tersebut mengulas secara detail mengenai tiga pendekatan ekonomi berkelanjutan, yaitu ekonomi biru, hijau, dan sirkular sesuai tema yang diusung, yakni “Blue, Green, and Circular Economy: The Future Platform for Post-Pandemic Development

Direktur Global Relations OECD dan Sherpa OECD untuk G7, G20, dan APEC, Andreas Schaal menuturkan, pendekatan ini menggabungkan potensi pertumbuhan ekonomi dengan perlindungan lingkungan dan inklusi manusia untuk menuai manfaat dalam konsep yang lebih holistik

Namun, masih banyak tantangan yang perlu diselesaikan untuk mengimplementasikan ketiga pendekatan ekonomi tersebut secara matang.

Direktur Eksekutif CSIS dan Co-Chair T20 Indonesia, Yose Rizal Damuri memaparkan, tantangan pertama yakni masih perlunya perubahan sikap dan cara pandang menuju ekonomi yang lebih ramah lingkungan.

Kemudian kurangnya dukungan finansial dan belum adanya insentif yang baik untuk penerapan konsep-konsep tersebut., jelas Yose Rizal.

Konsep ekonomi biru, hijau, dan sirkular bukanlah konsep baru. Tetapi, dunia baru tersadar akhir-akhir ini akan pentingnya melakukan transformasi dalam pendekatan ekonomi global sehingga menjadi berkelanjutan.

Deputi Menteri Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti memaparkan, konsep ekonomi biru, hijau, dan sirkular telah diterapkan dalam Visi Indonesia 2045 di prioritas nomor 1 dan 6.

Ekonomi biru selanjutnya juga telah dibawa dalam pembahasan di Development Working Group dan agenda di ASEAN, tegas Amalia.


https://politik.rmol.id/read/2022/07/14/540221/g20-kembangkan-ekonomi-biru-hijau-dan-sirkular-demi-ekonomi-berkelanjutan

Sumber: https://politik.rmol.id/read/2022/07/14/540221/g20-kembangkan-ekonomi-biru-hijau-dan-sirkular-demi-ekonomi-berkelanjutan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto,
ministries Bappenas,
organizations ASEAN, OECD,
ngos CSIS,
topics Presidensi G20 Indonesia,
nations Indonesia,
places NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Labuan Bajo,