Brazil Dukung Misi Transisi Energi Indonesia

  • 14 Juli 2022 16:59:00
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan dengan Menteri Ekonomi Brazil Paulo Guedes secara virtual.

Dalam pertemuan tersebut keduanya membahas agenda prioritas Presidensi G20 penanganan masalah global. Mulai dari ancaman pandemi, dampak perubahan iklim, hingga eskalasi konflik geopolitik yang memicu dampak pada bidang pangan, energi, dan inflasi.

Menteri Ekonomi Brazil Paulo Guedes menyatakan dukungannya terhadap agenda Joint Finance and Health Taskforce (JFHTF) dan Sustainable Finance dalam Presidensi G20 Indonesia. Terkait Sustainable Finance, Brasil memandang perlu memaksimalkan prinsip polluters- pay.

Harapannya mampu memaksimalkan secara nyata kontribusi negara-negara penghasil emisi terbesar dan memberikan penghargaan (reward) kepada negara-negara yang menjaga dan mengawal kelestarian hutan. Sehingga dapat mengakselerasi tercapainya tujuan Nationally Determined Contribution (NDC) dan Emisi Nol Bersih (Net Zero Emission/NZE).

Menanggapi itu, Sri Mulyani menjelaskan untuk mencapai tujuan nir-emisi NDC dan NZE dimaksud, perlu juga melestarikan sumber daya hayati, terutama yang berasal dari hutan. Indonesia juga telah mengambil langkah untuk mengembangkan energi terbarukan secara serius dan menerapkan strategi Mekanisme Transisi Energi yang Adil dan Terjangkau (Just and Affordable Energi Transition Mechanism).

Indonesia dan Brasil Sepakat Geopolitik Rusia-Ukraina Ganggu Pemulihan Ekonomi Dunia

Disisi lain, kedua negara sepakat konflik geopolitik dan berbagai respon kebijakannya memiliki dampak terhadap dunia dan memicu krisis pangan global.

Sri Mulyani menekankan pesan dari Presidensi G20 Indonesia mengenai ajakan deeskalasi tensi geopolitik demi meredam dampak penyebaran (spillover effect) yang telah dirasakan secara global di berbagai bidang, seperti pangan, energi, dan inflasi.

Hal ini semakin mendorong peran penting dari forum kerja sama multilateral seperti forum G20 untuk mengakhiri konflik tersebut.

 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menanggapi santai sikap negara adidaya seperti Inggris, Amerika Serikat (AS) dan Kanada yang melakukan walk out dari forum pertemuan tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (FMCBG) G20.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5014058/brazil-dukung-misi-transisi-energi-indonesia

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5014058/brazil-dukung-misi-transisi-energi-indonesia
Tokoh



Graph