PSI Sebut Penggabungan Wilayah Bodetabek ke Jakarta Butuh Diskusi yang Panjang

  • 14 Juli 2022 15:20:28
  • Views: 6

MerahPutih.com - Fraksi PSI DPRD DKI menyambut baik usulan Wali Kota Depok, Mohammad Idris untuk menggabungkan wilayah otonomi Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) dengan Jakarta Raya.

Menurut Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, wacana ini bisa jadi solusi atasi permasalahan sistemik seperti kemacetan, banjir, dan pengelolaan sampah.

Baca Juga:

Kasus COVID-19 Melonjak, PSI Minta Anies Pertimbangkan PTM 100 Persen

Saya pikir ini usul yang menarik untuk kita perbincangkan lebih jauh. Selama ini integrasi kebijakan jadi masalah padahal Jabodetabek adalah kesatuan kawasan megapolitan yang permasalahannya saling terkait, kata Ara, sapaan akrab Anggara, Kamis (14/7).

Walaupun begitu, Wakil Ketua Komisi E DPRD ini mengatakan bahwa usulan ini harus dibahas secara komperhensif. Pastinya juga, untuk mewujudkan usul ini butuh diskusi panjang.

Harus diperhatikan juga aspek peraturan perundang-undangannya. Kami mendorong Pemprov Jakarta yang banyak inisiasi perbincangan soal ini, karena kita pusat ekonominya, tambah Ara.

Ara menilai perumusan gagasan tentang Jabodetabek pasca perpindahan Ibukota harus dimulai para Pemerintah Daerah dari sekarang terlepas dari siapa pemegang kewenangannya.

Baca Juga;

PSI Minta Anies Turun ke Lapangan Cek Industri Penghasil Polusi

Gagasan harus didiskusikan antar Pemda Jabodetabek dari sekarang karena yang paling paham permasalahan ya para Pemda ini walaupun kewenangan perubahannya ada di pusat, tutup Ara.

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengusulkan wilayah otonomi Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodetabek) bergabung dengan Jakarta Raya.

Menurut dia, permasalahan yang ada di wilayah daerah penyangga Jakarta mudah terselesaikan jika kawasan tersebut digabung.

Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya, kata Mohammad Idris. (Asp)

Baca Juga:

PSI Kritik Pemisahan Laki dan Perempuan Bukan Solusi Atasi Pelecehan di Angkot


https://merahputih.com/post/read/psi-sebut-penggabungan-wilayah-bodetabek-ke-jakarta-butuh-diskusi-yang-panjang

Sumber: https://merahputih.com/post/read/psi-sebut-penggabungan-wilayah-bodetabek-ke-jakarta-butuh-diskusi-yang-panjang
Tokoh







Graph

Extracted

persons Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Anies Baswedan, Mohammad Idris,
companies ADA,
ministries DPRD, Fraksi PSI,
parties PSI,
topics Banjir, PTM,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi, Bogor, Depok, Jabodetabek, Tangerang,
cases covid-19, Kemacetan,