Ketua DPR RI: Koperasi Indonesia Tidak Boleh Tertinggal Kereta Kemajuan Zaman

  • 14 Juli 2022 15:15:34
  • Views: 4

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Koperasi harus terus berkembang sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Koperasi juga harus senantiasa adaptif mengikuti perkembangan zaman sejalan dengan Hari Koperasi yang diperingati setiap tanggal 12 Juli. 

Koperasi oleh para pendiri bangsa kita dirancang sebagai sokoguru perekonomian nasional. Saya berharap agar Koperasi Indonesia tidak boleh tertinggal kereta kemajuan zaman, kata Ketua DPR RI, Puan Maharani, dalam keetrangan tertulisnya, Kamis (14/07/2022).

Ketua DPR menekankan demikian dalam Puncak Acara Hari Koperasi ke-75 yang diselenggarakan oleh Dewan Koperasi Indonesia di Denpasar, Bali, Kamis (14/7/2022). Puan Maharani hadir secara virtual dalam acara yang mengangkat tema ‘Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan’ tersebut. 

Koperasi menjadi usaha bersama untuk mewujudkan kemakmuran bersama. Koperasi tumbuh dari gerakan kebangsaan sesuai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan. Tumbuh di atas kejujuran, kesukarelaan, tolong menolong, dan gotong royong, kata dia. 

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyatakan bahwa koperasi secara langsung mendidik rakyat untuk percaya pada kekuatan sendiri. Selain itu mendidik kekuatan untuk menempa ekonomi rakyat yang lemah menjadi kuat.

Oleh karenanya pula, diperlukan upaya untuk membuat koperasi selalu relevan dengan tantangan zaman terbaru mengingat ekonomi saat ini sudah berkembang begitu cepat dan bentuk-bentuknya pun semakin kompleks.

Ketua DPR menyebutkan, dulu perkembangan ekonomi banyak yang berbasis pada sumber daya alam. Kemudian dalam prosesnya kita melihat pesatnya perkembangan ekonomi digital seperti berbagai start-up yang menjadi kantung baru pertumbuhan.
 
Sekarang pun ekonomi digital juga sedang mengalami penyesuaian dan dunia seperti sedang menanti bentuk ekonomi yang berikutnya akan seperti apa, jelas Puan.

Menurutnya, koperasi harus menjadi lokomotif kemajuan ekonomi bangsa agar tidak ketinggalan kereta kemajuan zaman. Apalagi, sebut Puan, jumlah koperasi di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya dengan jumlah totalnya per tahun 2021 mencapai 127.846 (data BPS).
 
Ketua DPR mengajak agar Koperasi di Indonesia selalu mengingat jati dirinya sebagai bentuk ekonomi gotong royong. Menurutnya, semua Koperasi di Indonesia harus membantu satu sama lain sehingga dapat maju bersama.

Dengan tagline ‘Gerakan Ayo Berkoperasi dalam rangka mendukung Program Revolusi Mental’, semua koperasi di Indonesia harus saling bergotongroyong, membuat jaringan, saling menguatkan dan membangun ekosistem untuk sama-sama berkembang, pesan Puan.
 
Ingat bahwa di gotong royong itu tidak ada yang maju sendiri-sendiri. Di gotong royong itu ketika ada satu atau dua yang maju maka semuanya ikut dimajukan, tidak ada yang ditinggalkan, tutupnya. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/418575/ketua-dpr-ri-koperasi-indonesia-tidak-boleh-tertinggal-kereta-kemajuan-zaman

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/418575/ketua-dpr-ri-koperasi-indonesia-tidak-boleh-tertinggal-kereta-kemajuan-zaman
Tokoh



Graph

Extracted

persons Puan Maharani,
companies ADA, Google, Telegram,
ministries BPS, DPR RI,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Denpasar, Jati,