Jurus Singapura Tekan Inflasi, Bank Sentral Perketat Kebijakan Moneter

  • 14 Juli 2022 14:58:38
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Bank sentral Singapura memperketat kebijakan moneternya, dalam sebuah langkah diluar siklus, mengatakan tindakan tersebut akan memperlambat inflasi ketika bergabung dengan negara-negara lain berjuang mengatasi tekanan harga yang meningkat.

Dilansir dari CNBC International, Kamis (17/7/2022) dolar Singapura melonjak secara luas setelah berita tersebut dan terakhir naik hampir 0,7 persen menjadi SGD 1,3963 per dolar AS.

Pengetatan oleh bank sentral Singapura adalah yang keempat kalinya dilakukan dalam sembilan bulan terakhir, dan terjadi menyusul kenaikan suku bunga 100 basis poin di Kanada, juga sebelum kenaikan 75 basis poin di luar siklus di Filipina.

Jelas, MAS sangat prihatin terhadap inflasi. Mereka hanya akan mencoba melakukan semua yang mereka bisa untuk mengerem inflasi, kata Chua Hak Bin, seorang ekonom di Maybank.

Federal Reserve atau The Fed juga diperkirakan akan meningkatkan kampanye pengetatan moneternya dengan kenaikan suku bunga 100 basis poin bulan ini, setelah laporan menunjukkan inflasi berpacu pada level tertinggi selama empat dekade.

Otoritas Moneter Singapura (Monetary Authority of Singapore/MAS) mengatakan akan memusatkan kembali titik tengah dari pita kebijakan nilai tukar yang dikenal sebagai Nilai Tukar Efektif Normal. Tidak akan ada perubahan pada kemiringan dan lebar pita, katanya. 

Langkah kebijakan ini, membangun langkah pengetatan sebelumnya, akan membantu memperlambat momentum inflasi dan memastikan stabilitas harga jangka menengah, kata MAS dalam sebuah pernyataan.

Gangguan jalur pasok sejak 2021 akhirnya berlanjut hingga 2022, sesuai perkiraan analis dan pelaku usaha. Hasilnya, inflasi tertinggi dalam hampir 4 dekade, dan bahkan kelangkaan barang di supermarket. Bank Sentral AS terus memantau dan siap bertinda...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5013758/jurus-singapura-tekan-inflasi-bank-sentral-perketat-kebijakan-moneter

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5013758/jurus-singapura-tekan-inflasi-bank-sentral-perketat-kebijakan-moneter
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Maybank,
ministries BIN,
products dolar AS,
nations Filipina, Kanada, Singapura,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,