Indonesia Masih Kekurangan 160.000 Dokter, Butuh 4 Tahun Untuk Memenuhinya

  • 14 Juli 2022 11:36:31
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia masih kekurangan 160.000 dokter. Sekarang ini, hanya ada 110.000 dokter. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan waktu 14 tahun.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), dari 1.000 populasi penduduk diperlukan satu dokter. Sementara itu, menurut Dinas Kesehatan, Indonesia baru memiliki 110.000 dokter, sehingga butuh 160.000 lulusan kedokteran dari 92 fakultas kedokteran. Untuk mencapai ini, kita butuh 14 tahun, kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, melalui keterangan pers, di sela acara penandatanganan surat keputusan bersama (SKB) antara Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbduristek), Nadiem Makarim, Selasa 12 Juli 2022 malam.

Kerja sama antara Kemendikbudristek dan Kemenkes dilakukan untuk meningkatkan kuota penerimaan mahasiswa program sarjana kedokteran, program dokter spesialis, dan penambahan program studi dokter spesialis, melalui Sistem Kesehatan Aka de mik/Academic Health System (AHS).

Hal itu sebagai upaya mengakselerasi peningkatan kapasitas dan kualitas fakultas kedokteran, serta menghasilkan dokter dan dokter spesialis yang dapat memperkuat layanan kesehatan.

Baca Juga: Pak RT Marah Tak Diberi Tahu Ada Penembakan di Rumah Kadiv Propam: Saya Ini Jenderal Meskipun RT

Melalui penerbitan SKB ini, Budi meyakini kebutuhan SDM kesehatan di Indonesia bisa terpenuhi.

Skema AHS dapat mengakselerasi penambahan populasi dokter di Indonesia yang saat ini masih kekurangan 160.000 dokter.

Tambah kuota Nadiem mengatakan, pemerintah telah menetapkan kebijakan kerja sama terkait AHS ini berdasarkan prioritas kebutuhan jenis serta jumlah dokter dan dokter spesialis yang ditetapkan oleh Kemenkes.

Kemendikburistek bersama Kemenkes akan mengedepankan kolaborasi perguruan tinggi, rumah sakit pendidikan, wahana pendidikan, pemerintah daerah, dan masyarakat, untuk menyinergikan pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015001849/indonesia-masih-kekurangan-160000-dokter-butuh-4-tahun-untuk-memenuhinya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015001849/indonesia-masih-kekurangan-160000-dokter-butuh-4-tahun-untuk-memenuhinya
Tokoh





Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin, Nadiem Makarim,
companies ADA,
ministries Dinkes, Kemdikbud, Kemenkes,
ngos WHO,
nations Indonesia,
cases penembakan,